Ragam Lainnya | Detail

5 Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai

Cikal Bintang Raissatria
Rabu, 22 Juni 2022, 14:30 WIB
5 Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai
Salah satu cara guling depan dan guling belakang dalam senam lantai. (Foto: medibank)

SENAM lantai merupakan salah satu olahraga yang kini dilakukan banyak orang. Namun, untuk melakukan gerakan senam lantai perlu peralatan khusus agar meminimalisir terjadinya cedera yang justru merugikan.

Senam lantai ini berguna untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, menambah kekuatan otot, dan memperkuat tulang. Sesuai dengan namanya, senam lantai dilakukan di lantai, namun perlu matras untuk mendukung olahraga senam tersebut.

Terdapat delapan gerakan dasar senam lantai yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah guling depan atau belakang, guling lenting, kayang, berdiri menggunakan tangan, berdiri menggunakan kepala, lompat jongkok, dan meroda. Sportstars.id akan mengulas lima diantaranya.

5 Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai:

1. Guling ke Depan

Guling ke depan merupakan salah satu gerakan dasar senam lantai. Gerakan ini diawali dengan berdiri kemudian jongkok dengan posisi lutut sejajar dengan dada. Setelah itu, julurkan tangan tepat ke depan.

Kemudian, dekatkan dagu ke lutut sembari mengarahkan kepala ke lantai. Jika sudah demikian, mulailah berguling ke depan. Setelah selesai berguling, usahakan posisi tubuh kembali berdiri.

2. Guling ke Belakang

Berguling ke belakang sedikit lebih sulit dari ke depan. Gerakan ini diawali dengan menekuk tubuh dengan posisi squat (sedikit jongkok), dan merentangkan tangan ke depan.

Selanjutnya, turunkan bokong dan punggung ke lantai dengan bantuan kedua kaki. Setelah itu, dorong tubuh ke bagian belakang menggunakan bantuan tangan yang berada di sebelah bahu untuk menopang saat berguling.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1421 seconds [13]