logo
Ragam Lainnya | Detail

5 Cabor Populer yang Dipertandingkan di SEA Games: Atletik dan Silat Potensial untuk Panen Medali

Okta Novanto
Sabtu, 21 Januari 2023, 01:40 WIB
5 Cabor Populer yang Dipertandingkan di SEA Games: Atletik dan Silat Potensial untuk Panen Medali
Cabang atletik dan silat bisa menjadi ladang medali bagi kontingen Indonesia di Sea Games 2023 (Foto: Sportstars.id/Basudiwa Supraja)

JAKARTA - Cabor populer yang dipertandingkan di SEA Games tentu mendapatkan perhatian penuh dari negara di Asia Tenggara. SEA Games akan berlangsung di Kamboja pada 5 sampai 17 Mei 2023.

Perhelatan dua tahunan ini akan memperlombakan 36 cabang olahraga. Beberapa cabor yang dipertandingkan juga sudah memiliki turunan sehingga kelasnya menjadi begitu banyak.

Namun ada cabor populer yang dipertandingkan di SEA Games. Berikut informasi lengkapnya telah SPortstars.id sajikan;

Cabor Populer yang Dipertandingkan di SEA Games

  1. Catur

Chelsie Monica berhasil meraih medali emas yang kedua di catur PON XX Papua 2021 (FOTO: Instagram @chelsie.monica).

Cabang olahraga yang lebih mengandalkan otak daripada otot ini memiliki eksistensi yang begitu kuat. Terlebih Indonesia memiliki segudang atlet hebat yang pernah menjuarainya.

Catur dapat meningkatkan konsentrasi, mengasah kreatifitas, dan mengembangkan kecerdasan. Adapun atribut dari cabor catur yaitu papan strategi kotak-kotak hitam putih yang terdiri dari 64 kotak yang tersusun dalam 8x8 petak.

  1. Gimnastik

Senam SEA Games

Gimnastik merupakan cabor yang menuntut atletnya untuk dapat berguling, melompat, mengayunkan tubuh, dan membalikkan badan. Sesungguhnya olahraga ini dikenal sebagai senam di masyarakat  luas.

Gimnastik mengombinasikan latihan kelenturan, kekuatan otot, serta latihan keseimbangan dengan membutuhkan kelincahan, kecepatan, dan koordinasi tubuh yang baik.

Turunan cabor yang biasa dipertandingkan yakni artistik dan aerobik. Artistik menggabungkan gerakan senam tumbling dan aerobik. Sedangkan aerobik merupakan gerakan terpola yang mengikuti ritme agar berkesinambungan.

  1. Akuatik

Renang Indah

Seperti namanya, cabor ini tentu menggunakan media utama air. Beberapa jenis olahraga akuatik yang familiar di antaranya adalah renang, renang indah, polo air, loncat indah, kano, selancar, kayak, snorkeling, dayung, dan ski air.

Pada SEA Games 2023 di Kamboja nanti, beberapa olahraga akuatik yang diperlombakan seperti renang, loncat indah, polo air, dan snorkeling.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1963 seconds [12]