Ragam Lainnya | Detail

5 Bentuk Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas Lengkap

Tim Sportstars
Kamis, 23 Desember 2021, 22:53 WIB
5 Bentuk Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas Lengkap
Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas sangat menentukan saat kita berenang agar tidak tenggelam. (Foto: Reuters)

POSISI dan bentuk gerakan kaki dalam renang gaya bebas menjadi salah satu hal utama bagi para pemula. Posisi yang efektif dan tepat mampu mengurangi kemungkinan untuk tenggelam pada permukaan kolam renang. Banyak orang percaya jika mengayuh lebih lebih kuat, seseorang dapat berenang lebih jauh. Atau percaya dengan mengayuh lebih cepat dapat menghasilkan kecepatan yang lebih dibanding mengayuh dengan tempo yang pelan.

Padahal yang terjadi adalah tendangan atau kayuhan kaki yang seimbang dan santai merupakan kunci untuk menghemat energi. Berikut Sportstars.id telah merangkum pengertian dan bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Gerakan Kaki Pada Renang

Dikutip dari berbagai sumber, kaki yang mengayuh secara halus dan dan stabil sangat penting untuk mencegah tubuh tenggelam. Sebaliknya, kayuhan yang cepat tidak akan membawa banyak perubahan pada kecepatan laju. Kecepatan dalam renang dipengaruhi oleh gerak tangan, bukan kaki.

Mengayuh dengan lebar dari lutut yang menghasilkan banyak tekanan keluar dari air juga cenderung kurang efektif. Kayuhan kaki yang baik seharusnya berasal dari pinggul. Tendangan yang berasal dari lutut hanya menghasilkan kelelahan belaka. Sementara kayuhan yang terlalu tinggi dan menghasilkan banyak cipratan air hanya akan membuang energi.

5 Bentuk Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas

A. Tendangan dan kayuhan kaki berasal dari pinggul dan berukuran tidak lebih dari lebar tubuh.

B. Kayuhan berlangsung terus menerus secara bergantian dan berirama.

C. Jari kaki berada dalam posisi runcing dengan telapak kaki menghadap ke atas, pergelangan kaki dan lutut rileks.

D. Lutut sedikit ditekuk untuk menghasilkan akselerasi yang mengarah ke bawah.

E. Kayuhan kaki menghasilkan cipratan yang kecil dan berada di permukaan air.

Tadi merupakan rangkuman singkat tentang bentuk gerakan kaki pada renang. Semoga kalian mendapat referensi setelah membaca ini ya. (rania adyanti)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1104 seconds [12]