logo
Bola Lainnya | Detail

5 Aturan Pergantian Pemain Sepak Bola, Biar Tidak Kaget

Intan Rachmasari
Kamis, 22 September 2022, 11:25 WIB
5 Aturan Pergantian Pemain Sepak Bola, Biar Tidak Kaget
Ilustrasi pergantian pemain (Foto: UEFA)

JAKARTA- Aturan pergantian pemain sepak bola menjadi hal teknis yang wajib buat diketahui. Sebagai salah satu permainan yang cukup populer di dunia, sepak bola memiliki berbagi peraturan dalam pelaksanaan di lapangan. 

Salah satunya adalah pergantian pemain yang sangat dibutuhkan oleh sebuah tim bola. Sebab pergantian pemain bertujuan untuk meminimalisir risiko akibat pemain kelelahan. Tidak jarang juga digunakan saat ada perubahan taktik permainan oleh pelatih. 

Lantas bagaimana aturan pergantian pemain sepak bola? Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas informasinya. Berikut ulasannya; 

Cristiano Ronaldo Cadangan saat MU kalah dari Brighton (Foto: Reuters)

Aturan Pergantian Pemain Sepak Bola

Sejak tahun 1995 aturan jumlah pergantian pemain yang bisa dilakukan sebuah tim dalam satu pertandingan adalah tiga kali. Namun, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) melakukan modifikasi aturan pergantian pemain menjadi lima orang pemain.

Awalnya, aturan ini hanya bersifat sementara, hingga kini aturan tersebut resmi menjadi permanen. Adapun syarat dan ketentuannya wajib dipenuhi sebelum melakukan pergantian pemain.

Berikut syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi;

  1. Sebelum memutuskan untuk melakukan pergantian pemain, koordinasikan kepada wasit terlebih dahulu selaku penanggung jawab jalannya pertandingan. 
  2. Pemain pengganti bisa memasuki arena pertandingan berkat izin dari wasit.
  3. Setelah pemain pengganti memasuki lapangan, pemain yang digantikan bisa meninggalkan lapangan melalui sisi yang diarahkan wasit.
  4. Permainan bisa dilanjutkan kembali apabila pemain menolak untuk digantikan. 
  5. Pemain pengganti harus lolos kriteria wasit untuk bisa bermain. Sebab, wasit memiliki wewenang dalam menilai pemain pengganti sebelum turun ke lapangan. 

Demikian informasi mengenai aturan pergantian pemain sepak bola. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1765 seconds [13]