Hobi | Detail

5 Atlet Esports Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri, Semua Gim Ada!

Saliki Dwi Saputra
Kamis, 14 Oktober 2021, 19:45 WIB
5 Atlet Esports Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri, Semua Gim Ada!
Rizky Faidan (Foto: Instagram)

INDUSTRI Esports Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Selain menjadi target pasar terbesar di ASEAN, Indonesia juga menelurkan atlet-atlet esports jempolan yang sukses berkarier di luar negeri.

Menurut data dari Indonesia Esports Premier Leagu (IESPL) di tahun 2019, setidaknya ada 61,2 juta orang yang aktif bermain gim di Indonesia. Wajar jika akhirnya kecintaan masyarakat Indonesia pada dunia esport cukup besar, terutama di generasi milenial.

Saking tingginya, ada banyak atlet esports Indonesia yang justru berhasil membawa nama Merah Putih bersinar di pentas dunia. Siapa saja mereka? Berikut ulasan yang dirangkum oleh Sportstars.id.

1. Rizky Faidan

Rizky Faidan saat menjuarai Football e-League (IFeL) (Foto: Instagram)
Rizky Faidan saat menjuarai Football e-League (IFeL) (Foto: Instagram)

Rizky Faidan dikenal sebagai atlet esport Indonesia yang jago bermain gim Pro Evolution Soccer atau PES. Dia bahkan lolos ke babak final kejuaraan dunia PES 2019 di Emirates Stadium, Inggris. Serta menjadi juara di ajang PES League Asia 2019 di Jepang.

Pada usia 18 tahun, di lantas di kontrak oleh tim esport Thailand, Buriram United Esport pada akhir tahun 20219. Di sana dia berhasil menjuarai Toyota E-League, dan membawa timnya menjuarai Thai e-League Pro 2021.Rizky sendiri pernah membawa bendera PSS Sleman pada ajang kompetisi Football e-League (IFeL) tahun lalu. 

2. Kevin Susanto

Kevin Susanto (Foto: Instagram)
Kevin Susanto (Foto: Instagram)

Kevin Susanto dikenal dengan nama “xccurate” dan menjadi atlet esports di gim Counter Strike: Global Offesive (CS:GO). Atlet kelahiran 1998 ini bergabung dengan tim esport Indonesia, Recca Esport. 

Namun sederet prestasi yang diraihnya ternyata menarik perhatian tim esport Tiongkok, TyLoo. Selama bergabung dengan TyLoo, dia berhasil menorehkan berbagai prestasi, di antaranya juara pertama StarLadder & ImbaTV Invantional Chongqing 2018, dan Xinhua Electronic Sports Conference 2018.

Pada 2019 Kevin Susanto pindah ke tim esport lainnya yang juga berada di Tiongkok: Big Time Regal, dan berhasil menjuarai WDNMD Asia Invitational 2020. Terbaru dia bergabung dengan NG Esport asal Thailand.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2767 seconds [13]