logo
Ragam Lainnya | Detail

4 Sikap Badan dalam Renang Gaya Bebas

Tim Sportstars
Kamis, 22 September 2022, 18:39 WIB
4 Sikap Badan dalam Renang Gaya Bebas
Seorang perenang harus memperhatikan sikap badan dalam renang gaya bebas. (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Seorang perenang harus memperhatikan sikap badan dalam renang gaya bebas. Renang gaya bebas (crawl) diambil dari cara berenang seekor hewan, yaitu renang anjing (dog style) dan renang harimau.

Renang gaya bebas masuk ke dalam nomor perlombaan, dimana para perenang yang melakukan gaya ini dapat melakukan gerakan apa saja, kecuali gaya punggung, dada, ataupun kupu-kupu. Meski gaya bebas merupakan salah satu yang paling banyak digunakan orang, tapi tidak sedikit mengalami kesalahan atau bahkan kesulitan dalam melakukannya.

Seperti kesalahan dalam koordinasi dalam gerakan renang gaya crawl. Kesalahan saat pengambilan napas yang justru dilakukan ke depan tidak ke samping kiri atau kanan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya dalam sikap badan dalam renang gaya bebas.

Sikap Badan dalam Renang Gaya Bebas

  1. Posisi Kepala dan Tubuh Renang Gaya Bebas

Dalam melakukan renang gaya bebas, Anda diharuskan untuk melayang di dada dengan posisi tubuh lurus dan wajah sejajar dengan dasar kolam. Posisi tubuh yang datar dan rata ini memungkinkan Anda untuk bergerak lebih cepat di dalam air.

  • Kemudian, jaga kepala Anda tetap diam tanpa menengok ke depan atau ke samping. Usahakan garis rambut Anda selaras dengan permukaan air.
  • Kunci dari teknik renang gaya bebas yang tepat adalah dengan memutar bahu dan pinggul Anda secara bersamaan. Cara tersebut dapat membantu Anda dalam mengatur waktu pernapasan.
  1. Posisi Lengan dan Tangan Renang Gaya Bebas

Lengan merupakan faktor utama yang dapat mendorong tubuh Anda ke depan saat melakukan renang gaya bebas.

Para-renang ASEAN Para Games 2022

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1816 seconds [12]