Netting | Detail

4 Peraturan Permainan Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui

Hasyim Ashari
Jum'at, 09 Juli 2021, 18:29 WIB
4 Peraturan Permainan Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui
Empat peraturan bulu tangkis (Foto: Istimewa)

PERATURAN permainan bulu tangkis menjadi hal yang paling penting untuk diketahui oleh setiap pemain. Untuk menjadi pebulu tangkis handal, sejatinya pengetahuan dasar akan hal ini akan menjadi nilai plus.

Tak hanya menguasai teknis dasar, para pemain bulu tangkis harus mengetahui aturan dasar bulu tangkis saat bermain. Ada beberapa peraturan yang perlu ditaati agar jalannya pertandingan semakin enak untuk ditonton.

Dalam setiap pertandingan bulu tangkis maksimal tiga game. Setiap game menggunakan sistem 3x21 untuk mengakhiri permainan. Skor tersebut berlaku untuk sektor ganda dan tunggal. Jika match point imbang 20-20, maka dinyatakan deuce dan pemenang harus ditentukan dengan margin dua poin. 

Berbicara aturan dasar permainan bulu tangkis, BWF sebagai kepala organisasi sudah menetapkan beberapa aturan. Mulai dari jumlah pemain, servis hingga batas skor pertandingan. 

Berikut tiga peraturan dasar permainan bulu tangkis yang dirangkum oleh tim Sportstars.id:

1. Pukulan servis

Badminton Eropa Dukung Perubahan Skor di Bulu Tangkis

Wilayah permainan sektor pemain ganda dengan tunggal dalam pukulan servis tidak jauh berbeda. Pada pertandingan bulu tangkis sektor tunggal, baik putra maupun putri servis dilakukan dengan mengarahkan ke arah lawan yang berada di arah seberangnya.

Seperti dilansir dari buku peraturan resmi BWF, ketika skor angka itu genap seorang pemain melakukan pukulan servis di area sebelah kanan lapangan permainan. Sedangkan saat memiliki angka atau kedudukan ganjil, maka servis dilakukan di area kiri pemain.

Selain itu ada pun yang menjadi pembeda dari pukulan servis dari nomor tunggal dan ganda ada pada garis lanpangan. Untuk nomor ganda, wilayah permainan menggunakan garis batas paling belakang serta sisi paling luar pada lapangan. 

2. Perhitungan skor

Dalam setiap pertandingan bulu tangkis terdiri dari tiga babak atau tiga set dengan menggunakan sistem 21 poin untuk mengakhir pertandingan. Skor tersebut berlaku untuk ganda maupun nomor tunggal.

Apabila terjadi kedudukan skor yang berimbang seperti 20-20 maka pertandingan akan dtambah menjadi dua poin lagi. Kemenangan akan didapat apabila satu tim unggul dengan selisih dua poin.

Angka tersebut juga memiliki batas maksimal yaitu hingga 30 poin. Apabila pemain bersaing secara ketat hingga mencapai 30 poin, maka yang lebih dahulu berhasil merebut 30 poin yang akan menjadi pemenang.

Jumlah set dalam permainan bulu tangkis adalah 2 dan 3 set. Dalam bulu tangkis, terdapat istilah staright game yang artinya menang dalam dua gim secara langsung. Pemain atau tim yang meraih dua kemenangan langsung berarti memenangi pertandingan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1439 seconds [13]