Tim Nasional | Detail

4 Pemain Asing yang Tertarik Main untuk Timnas Indonesia, Nomor 1 Top Skor Liga

Furqon Al Fauzi
Kamis, 13 Januari 2022, 17:00 WIB
4 Pemain Asing yang Tertarik Main untuk Timnas Indonesia, Nomor 1 Top Skor Liga
Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic (Foto: Persija)

SUDAH Menjadi rahasia umum jika sejumlah pemain asing yang berkarier di sepak bola Indonesia tertarik untuk di naturalisasi. Setali tiga uang, klub dengan segala upayanya kerap membantu proses naturalisasi pemain tersebut.

Ada beberapa alasan yang membuat mereka tertarik pindah kewarganegaraan. Pertama dengan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) mereka akan mendapat kesempatan berkarier lebih lama di Indonesia dengan status pemain lokal. Sementara yang kedua, kesempatan membela Timnas Indonesia pun terbuka lebar.

Beberapa pemain asing yang berkiprah sudah cukup lama di kompetisi sepak bola Indonesia pun tak malu-malu mengungkapkan ketartarikannya memperkuat Timnas Indonesia jika sudah resmi di naturalisasi. Berikut 4 pemain asing di Liga 1 yang tertarik bermain untuk Timnas Indonesia jika telah memenuhi segala syarat administrasinya:

4. Renan Silva (Madura United)

Renan Silva (Foto: Istimewa)


Rekrutan anyar Madura United, Renan Silva menyatakan ketertarikannya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Pemain asal Brasil itu bahkan tak merasa keberatan jika diminta untuk melakukan proses naturalisasi dalam waktu dekat.

Mantan pemain Persija Jakarta itu pun mengungkap harapannya untuk dinaturalisasi dan bergabung ke skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Pada sesi wawancara bersama pihak klub, Renan mengatakan bahwa dirinya menolak tawaran berbagai klub dari luar negeri agar bisa dilirik oleh Shin Tae-yong. 

Gelandang berusia 33 tahun itu ingin menunjukkan performa terbaik di level klub agar suatu saat bisa membela Timnas Indonesia di level internasional. “Saya ingin naturalisasi menjadi warga negara Indonesia, ingin bantu Timnas. Saya senang ada di Indonesia,” kata Renan Silva yang ikut membawa Persija juara Liga 1 2018 itu.


3. Lee Yu-Jun (Bhayangkara FC)

Pemain Bhayangara FC Lee Yu Jun (Foto: Instagram Lee Yu Jun)


Kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia membuat Lee Yu-Jun semakin tertarik untuk pindah kewarganegaraan. Pemain berdarah Korea Selatan (Korsel) tersebut bahkan sudah mengajukan proses naturalisasi sejak 2020 lalu.

Namun saat itu proses naturalasi Lee Yu-Jun tersendat akibat pandemi Covid-19 dan beberapa hal lainnya. Akan tetapi dikabarkanya proses naturalisasi gelandang 31 tahun tersebut sudah mencapai tahap finalisasi.

Lee Yu-Jun merupakan pemain andalan Bhayangkara FC sejak 2017. Sebelum berkarier di Indonesia bersama Bhayangakra FC, Lee Yoo-joon banyak bermain di Liga Korea dan Brasil. Hingga saat ini, Bhayangkara FC merupakan satu-satunya klub Indonesia yang dibela sejak ia menginjakkan kaki di Tanah Air pada 2017.


2. Willem Jan Pluim (PSM Makassar)

Pemain PSM Wiljan Pluim. (Foto: Liga Indonesia Baru)


Sudah hampir lima tahun berkarier di sepak bola Indonesia, akan lebih mudah bagi Pluim untuk bermain di Timnas Indonesia. Pasalnya sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, Warga Negara Asing (WNA) dapat memperoleh status WNI dengan dua syarat. 

Pertama, pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 tahun berturut-turut. Dan yang kedua, bertempat tinggal paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut.

Pluim diketahui sudah membela PSM Makassar sejak 2016 lalu. Sejak saat itu dia tidak pernah meninggalkan klub kebangaan masyarakat Sulawesi Selatan tersebut. 

Meski belum melontarkan keinginannya pindah kewarganegaraan, namun tidak sedikit yang berharap pemain berdarah Belanda tersebut bisa memperkuat Timnas Indonesia mengikuti mantan rekannya di PSM Marc Klok yang sudah resmi menjadi WNI.

1. Marko Simic (Persija Jakarta)

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic (Foto: Persija)


Ujung tombak Persija Jakarta Marko Simic memang tidak secara terbuka mengungkapkan ketertarikannya membela Timnas Indonesia. Terlebih dirinya juga diketahui sudah begitu mencintai Indonesia sebagai negara keduanya.

Bicara kualitas, Marko Simic merupakan striker lengkap yang bisa menjadi jawaban keringnya gol Timnas Indonesia dari seorang penyerang tengah. Simic pun sudah mendapat banyak dukungan dari pecinta sepak bola Indonesia di medsos.

Baru-baru ini, Simic mengatakan bahwa sebuah kehormatan jika dinaturalisasi dan bermain untuk Timnas Indonesia. "“Saya hanya ingin mengatakan itu (dipanggil Timnas Indonesia) akan menjadi sebuah kehormatan bagi saya. Saya sudah sangat lama di Indonesia dan semuanya bisa saja mungkin,” kata Marko Simic saat diwawancara di kanal YouTube OlahBola.


 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1154 seconds [12]