logo
Tim Nasional | Detail

4 Pelatih yang Mengubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF

Tim Litbang
Selasa, 17 Januari 2023, 14:30 WIB
4 Pelatih yang Mengubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF
Ekspresi kegembiraan pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking (Foto: REUTERS)

PRESTASI Timnas Indonesia di Piala AFF masih mentok di peringkat kedua. Indonesia menjadi runner-up sebanyak enam kali, yaitu pada AFF tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020. Di ajang AFF 2022 ini, Skuad Garuda bahkan hanya sampai babak semifinal setelah kalah 0-2 dari Vietnam.

Vietnam merupakan salah satu lawan yang cukup menantang bagi Indonesia. Tim asuhan Park Hang-seo itu berhasil meredam laju Marc Klok dkk untuk masuk ke laga final. 

Menariknya, Park Hang-seo menjadi satu dari sekian pelatih yang menjegal laju skuad Garuda di gelaran AFF. Siapa saja mereka? Berikut ulasan Sportstars.id.

1. Radojko Avramovic, Timnas Singapura

Mantan pelatih Timnas Singapura, Radojko Avramovic (Foto: Istimewa)
Mantan pelatih Timnas Singapura, Radojko Avramovic (Foto: Istimewa)

Kekalahan Indonesia dari Singapura pada final AFF 2004 kembali mengubur mimpi Indonesia untuk meraih gelar juara. Sejak pertama mengikuti AFF, Indonesia berhasil maju ke babak final di edisi tahun 2000, 2002, kemudian 2004. 

Radojko Avramovic mampu membawa The Lions menjegal Indonesia dengan skor 2-1 di laga leg kedua babak final, yang berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, Singapura pada 16 Januari 2005. 

Tiga penyerang andalan Timnas Indonesia saat itu yaitu Kurniawan Dwi Yulianto, Ilham Jaya Kesuma, serta Boaz Solossa tidak mampu mematahkan kekuatan Singapura. Bahkan Boaz menderita cedera usai mendapat ganjaran keras dari bek Singapura, Baihakki Khaizan. 

Sebelumnya, di leg pertama, Singapura juga berhasil menggulung Indonesia dengan skor 3-1. Kalah agregat, lagi-lagi harus mengubur mimpi Indonesia.

Setelah kegemilangan di AFF 2004, Radojko Avramovic juga melanjutkan tradisi emas bagi timnas Singapura. Pelatih asal Serbia yang lahir pada 29 November 1949 itu membawa Singapura menjuarai AFF 2007 dan AFF 2012.

2. Rajagopal Krishnasamy, Timnas Malaysia

Rajagopal Krishnasamy (Foto: Istimewa)
Rajagopal Krishnasamy (Foto: Istimewa)

Pertemuan Indonesia dan Malaysia kerap menghasilkan laga yang menegangkan. Pasalnya, ada rivalitas yang cukup kuat di antara kedua tim sehingga menciptakan pertandingan dengan tensi tinggi. 

Dalam gelaran AFF 2010, Indonesia bertemu Malaysia di laga final. Sebelumnya, di pertandingan awal pada fase grup, Indonesia memiliki catatan gemilang karena berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 5-1. 

Namun di babak final Indonesia kalah 0-3 dari Malaysia pada leg pertama. Selanjutnya, di leg kedua yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada 29 Desember 2010, Indonesia lagi-lagi ditekuk oleh tim asuhan pelatih Rajagopal Krishnasamy itu dengan skor 1-2. Dengan agregat 2-4, mimpi Indonesia untuk menjadi juara Piala AFF 2010 pun kandas.

Rajagopal Krishnasamy adalah pelatih andalan Malaysia, yang mulai ditunjuk untuk melatih Malaysia U-23 dan Malaysia senior pada 2009. Dia mampu membawa Malaysia meraih emas di SEA Games 2009, setelah penantian 20 tahun. 

Pria kelahiran 10 Juli 1956 itu bahkan dijuluki King Gopal berkat keberhasilannya. Tak lama berselang, Rajagopal Krishnasamy kembali menunjukkan kepiawaiannya dan mengantarkan Harimau Malaya juara Piala AFF 2010 untuk pertama kalinya.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1860 seconds [13]