Ragam Lainnya | Detail

4 Pahlawan Olahraga Indonesia yang Terlupakan, Nomor 1 Diakui Dunia Internasional

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 10 November 2021, 10:35 WIB
4 Pahlawan Olahraga Indonesia yang Terlupakan, Nomor 1 Diakui Dunia Internasional
Trio Srikandi Indonesia yang meraih medali pertama di ajang Olimpiade (Foto: Instagram/@lies_archer)

PAHLAWAN olahraga Indonesia kerap terlupakan. Padahal, jasa para pahlawan olahraga Indonesia tidak boleh dikesampingkan begitu saja. Mereka berperan besar mengharumkan nama bangsan lewat jalur olahraga yang digeluti. 

Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional pada Rabu (10/11/2021), tidak ada salahnya untuk mengingat jasa para pahlawan olahraga nasional yang sedikit terlupakan. Jasa mereka harus selalu dikenang karena begitu besar. 

Lantas, siapa saja pahlawan nasional tersebut? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber. 

4. Trio Srikandi di Olimpiade Seoul 1988

Secara resmi, trio pepanah Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani, menjadi penyumbang medali pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade. Mereka menyabet medali perak pada cabor panahan nomor beregu, Olimpiade Seoul 1988 di Korea Selatan. 

Di babak penentuan, trio Srikandi Indonesia bersaing ketat untuk perebutan medali perak bersama kontingen Amerika Serikat. Beruntung, Indonesia mengumpulkan total nilai 72, sementara AS hanya 67. Jadilah, medali perak diraih kontingen Indonesia. 

Aksi ketiga srikandi Indonesia itu sempat terlupakan. Padahal, mereka adalah penyumbang medali pertama bagi Kontingen Indonesia di Olimpiade. Empat tahun kemudian, Indonesia menyabet dua medali emas lewat bulu tangkis. 

Tanpa inspirasi dari trio Lilies, Nurfitriyana, dan Kusuma, bisa jadi takkan ada raihan medali-medali berikutnya bagi Indonesia. Maka, jasa ketiganya layak dikenang. Lilies Handayani sendiri saat ini aktif sebagai pelatih, sementara Nurfitriyana Saiman masuk dalam jajaran Kepengurusan PB Perpani. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1113 seconds [12]