Ragam Lainnya | Detail

4 Manfaat Olahraga Ekstrem, Nomor 1 Atasi Stres

Tim Litbang
Rabu, 22 Desember 2021, 16:20 WIB
4 Manfaat Olahraga Ekstrem, Nomor 1 Atasi Stres
Ilustrasi Terjun Payung (Foto: Dok. MNC)

OLAHRAGA ekstrem memiliki reputasi yang kian baik dengan jumlah peminat yang terus meningkat. Beberapa olahraga yang masuk ke dalam kategori olahraga ekstrem adalah bungee jumping, skydiving, diving, snowboarding, terjun payung, hingga body rafting. Meksipun terlihat berbahaya, namun olahraga-olahraga berbahaya ini memiliki beberapa manfaat. 

1. Mampu Mengelola Stres

Melansir dari Daily Adrenaline, para atlet olahraga ekstrem seperti snowboarding dan skydiving memiliki tingkat kecemasan yang rendah, lebih mandiri, dan disiplin. Mereka yang sering melakukan olahraga ekstrem juga mampu mengelola stres dengan sangat baik. Contoh lainnya adalah olahraga parkour.

Olahraga yang mulai dikenal di Prancis ini sangat cocok bagi mereka yang tengah mengalami kepenatan dalam bekerja. Mengutip laman Okezone, penelitian yang pernah dilakukan menyebut bahwa 100 % penggemar olahraga parkour bisa meredam stress dan rasa marah dan mendapat kepercayaan diri yang baik. 

2. Pandai Menghadapi Ketakutan

Rasa takut adalah hal utama yang akan dihadapi bagi mereka yang ingin melakukan olahraga ekstrem. Seiring berjalannya waktu, olahraga ekstrem akan mengajarkan peminatnya untuk berlatih menghadapi rasa takut yang berlebihan.

Olahraga yang paling sering dijadikan lambang kebebasan adalah bungee jumping dan skydiving. Keduanya mendorong seseorang agar tidak dihantui rasa takut dan justru mendorong agar perasaan takut dan ragu itu disingkirkan jauh-jauh. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1851 seconds [13]