logo
Hobi | Detail

4 Macam Variasi Gerak Tolakan dalam Tolak Peluru yang Perlu Diketahui

Tim Sportstars
Senin, 25 Juli 2022, 16:12 WIB
4 Macam Variasi Gerak Tolakan dalam Tolak Peluru yang Perlu Diketahui
Ada beberapa variasi gerak tolakan dalam tolak peluru. (Foto: Olympic)

JAKARTA Variasi gerak tolakan dalam tolak peluru akan dibahas dalam artikel ini. Tolak peluru adalah salah satu cabang atletik yang mengutamakan dorongan kuat dan cepat dalam menolak peluru. 

Olahraga tolak peluru sangat mengutamakan kekuatan bahu untuk mendorong, melempar bola peluru yang sering disebut bola besi.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk bisa melakukan tolakan yang baik dan benar, maka atlet harus menguasai beberapa variasi gerakan dalam tolak peluru.

Berikut 4 Macam Variasi Gerak Tolakan Dalam Tolak Peluru

1. Variasi Gerakan Memegang Peluru

Memegang peluru dalam tolak peluru dilakukan dengan cara jari-jari tangan terbuka lebar, bisa juga dengan cara jari merapat ke bagian belakang dari peluru.

Dalam melakukan lemparan yang baik dan benar, kalian bisa melatih semua jenis pegangan secara bergantian untuk mendapatkan cara yang sesuai, karena setiap orang mempunyai cara pas masing-masing.

2. Variasi Gerakan Awalan dalam Tolak Peluru

Gerakan awalan dalam tolak peluru dilakukan dengan cara peluru dipegang salah satu tangan. Kemudian, letakkan ke arah bahu dan ditempelkan pada bagian samping leher. Tangan yang memegang peluru diarahkan ke samping, tangan satu lagi rileks di samping badan.

Pusatkan titik berat peluru pada telapak tangan agar keadaan seimbang saat melakukan awalan dalam tolak peluru sesuai dengan 2 macam gaya awalan: awalan gaya menyamping (ortodok), dan awalan gaya membelakangi (O'Brien).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1529 seconds [13]