Liga Inggris | Detail

4 Klub Top Liga Inggris Desak Operator Batalkan Akuisisi Pangeran Arab terhadap Newcastle United

Rifqi Herjoko
Minggu, 10 Oktober 2021, 18:52 WIB
4 Klub Top Liga Inggris Desak Operator Batalkan Akuisisi Pangeran Arab terhadap Newcastle United
Newcastle United Diakuisisi Pangeran Arab (Foto: Laman Newcastle United)

LONDON – Pengambilalihan Newcastle United oleh Pangeran Arab Saudi telah membuat kehebohan publik sepak bola dunia. Di tengah antusiasme dan kegembiraan di Tyneside, empat klub top Liga Inggris justru berencana mencegah kesepakatan itu berjalan lebih jauh.

Dilansir dari Sportbible, Minggu (10/10/2021), kesepakatan bernilai superbesar itu telah ditentang oleh banyak kontestan Liga Inggris. Mereka lantas menuntut operator memberi penjelasan mengapa hal itu diperbolehkan.

Klub menginginkan pertemuan darurat pada minggu depan untuk membahas hal tersebut. Agenda itu digagas setelah mereka baru mengetahui rencana pengambilalihan itu terjadi pada Rabu (6/10/2021).

Kepala eksekutif Liga Inggris, Richard Masters, menerima keluhan dari klub yang tidak tahu pengambilalihan Newcastle akan segera disetujui. Sementara itu, empat klub besar Liga Inggris termasuk yang paling vokal menentang rencana pengambilalihan tersebut.

Keempat klub tersebut adalah Liverpool, Manchester United, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Mereka pun berusaha melobi Liga Inggris untuk membatalkan kesepakatan itu.

Sejatinya, penyebab protes tersebut adalah kekhawatiran grup Arab Saudi untuk menguasai Liga. Pasalnya, pemilik baru Newcastle memiliki kekayaan mencapai 320 miliar poundsterling (Rp 6,1 kuadriliun). Harta yang dimilikinya bahkan berkali-kali lipat lebih besar dari pemilik Manchester City, Sheikh Mansour.

Pertandingan pertama Newcastle di bawah kepemilikan anyar akan berlangsung pada Minggu (17/10/2021). The Magpies –julukan Newcastle- bakal menjamu Tottenham Hotspur di kandangnya, St. James Park. Menarik untuk melihat perkembangan yang terjadi pada klub kaya baru ini di Liga Inggris.

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2171 seconds [12]