logo
Basket | Detail

4 Jenis Variasi dan Kombinasi dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Kamis, 18 Agustus 2022, 14:34 WIB
4 Jenis Variasi dan Kombinasi dalam Permainan Bola Basket
Damian Lillard diandalkan tim basket AS (Foto: Instagram/@damianlillard)

JENIS variasi dan kombinasi dalam permainan bola basket akan kita ulik melalui artikel ini. Bola basket merupakan jenis olahraga berkelompok yang terdiri dari dua tim masing-masing beranggotakan lima orang yang saling bertanding dan mencetak poin.

Permainan bola basket memiliki beragam teknik dasar, diantaranya melempar, menangkap, menggiring (dribbling), dan menembak (shooting) bola.  Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 4 jenis variasi dan kombinasi dalam permainan bola basket yang telah dirangkum oleh Sportstars.id.

Jenis Variasi dan Kombinasi dalam Permainan Bola Basket

Jenis variasi dan kombinasi dalam permainan bola basket meliputi melempar, menangkap, menggiring (dribbling), dan menembak (shooting) bola. Simaklah cara melakukan teknik tersebut di bawah ini:

  1. Melempar Bola.

Teknik melempar bola basket ada 3, chest pass (lemparan setinggi dada), bounce pass (bola pantul), dan over head pass (atas kepala). Dalam melakukan teknik chest pass, posisi tubuh dalam keadaan berdiri dengan sikap melangkah dan badan agak condong ke depan.

Lalu, pegang bola dengan kedua tangan berada di depan dada dan dorongkan ke depan.Sementara itu, cara melakukan teknik bounce pass yaitu dengan melakukan posisi awal yang sama seperti chest pass. Lalu, pegang bola dengan kedua tangan di depan dada dan posisi kedua siku lurus ke samping. Dorong bola lurus sejajar dengan dada.

Teknik melempar bola yang terakhir, yaitu over head pass. Teknik ini dilakukan dengan awalan yang sama seperti kedua teknik di atas, yaitu dengan posisi tubuh tegak berdiri. Bedanya, pada teknik melempar over head pass, posisi bola dipegang dengan kedua tangan berada di atas kepala. Setelah itu, ayunkan bola menggunakan kedua lengan secara bersamaan dengan posisi bola mengarah lurus dan datar ke arah penerima bola.

  1. Menangkap Bola.

Teknik melempar bola basket dilakukan dengan posisi badan berdiri tegak dengan sikap kaki melangkah menghadap arah datangnya bola. Kedua telapak tangan dijulurkan dengan menyongsong arah datangnya bola. Setelah bola menyentuh telapak tangan, tariklah kaki depan belakang dengan siku lengan ditekuk hingga bola ditarik mendekati dada atau badan.

  1. Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik menggiring bola basket dibagi menjadi dua, yaitu menggiring bola tinggi dan menggiring bola rendah. Teknik ini bertujuan untuk memperoleh posisi mendekati basket lawan secepat-cepatnya. Menggiring bola rendah berguna untuk menyusup, mengacaukan, dan juga mengecoh pertahanan lawan.

Tujuan Permainan Bola Basket (Foto: Reuters)

Cara menggiring bola basket yaitu diawali dengan posisi berdiri tegak dengan sikap melangkah dan badan agak condong ke depan. Kemudian, dorong bola menggunakan telapak tangan ke lantai dengan ketinggian bola memantul hanya sebatas pinggang bawah. Pastikan pandangan mata ketika menggiring bola tertuju bebas ke arah depan.

  1. Menembak Bola (Shooting)

Shooting atau teknik menembak bola dapat dilakukan dengan satu ataupun dua tangan. Teknik menembak bola dengan satu tangan dilakukan dengan posisi bola dipegang pada bagian bawah menggunakan telapak tangan dan jari-jari. Setelah itu, dilanjutkan dengan gerakan mendorong bola ke depan dan ke atas dengan satu lengan hingga lengan lurus.

Posisi pinggang, lutut, dan tumit naik. Hampir sama dengan posisi satu tangan, teknik menembak bola dengan dua tangan dapat dilakukan dengan posisi bola dipegang pada bagian samping bawah dengan kedua telapak tangan dan jari-jari terbuka. Kemudian, lepaskan bola dari kedua lengan dengan bentuk arah bola menyerupai parabola atas dan melengkung.

Itulah 4 jenis variasi dan kombinasi dalam permainan bola basket yang harus kamu pahami sebelum melakukan pertandingan atau hanya sekadar berlatih. Semoga bermanfaat! (Antika Fahira)


 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1697 seconds [12]