MotoGP | Detail

4 Hal Harus Diperhatikan Pembalap Jelang MotoGP Aragon 2021

Quadiliba Al-Farabi
Kamis, 09 September 2021, 22:05 WIB
4 Hal Harus Diperhatikan Pembalap Jelang MotoGP Aragon 2021
Jelang balapan MotoGP Aragon 2021, setidaknya ada 4 hal yang harus diperhatikan oleh para pembalap.

ALCANIZ – Jelang balapan MotoGP Aragon 2021, setidaknya ada 4 hal yang harus diperhatikan oleh para pembalap. Para pembalap akan mentas di lintasan yang penuh dengan tantangan yakni Ciudad del Motor, MotorLand dalam MotoGP Aragon 2021.

Ya, lintasan ini disebut-sebut sebagai trek terberat dalam kalender MotoGP 2021. Tata letaknya yang beragam diiringi dengan tikungan tajam hingga 90 derajat menantang bagi tim dan pengendara.

Namun, pihak MotoGP dalam laman resminya telah bekerja sama dengan grup Facebook Tech membongkar rahasia agar sukses menjalani balapan di lintasan ini. Berikut yang harus para pembalap perhatikan selama balapan di MotoGP Aragon 2021 ini:

Low-speed Corner Acceleration (Akselerasi Sudut Kecepatan Rendah)

Lintasan Aragon merupakan tempat di mana para pembalap membutuhkan akselerasi dengan kecepatan rendah di setiap tikungan. Terutama tikungan setelah lintasan lurus sepanjang hampir 1 km.

Beda dengan trek lain yang mana sehabis lintasan lurus, pembalap masih dapat berkecepatan tinggi di tikungan berikutnya. Di sini, pembalap dituntut untuk mengerem penuh hingga membiarkan guncangan di ban belakang motor.

Front End

Pembalap harus membiasakan diri memacu motornya dengan kontrol penuh di bagian front end. Mungkin itu sebabnya Marc Marquez (Tim Repsol Honda) begitu dominan di sini selama bertahun-tahun.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, melaju di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria (Foto: Honda Racing Corporation)
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: Honda Racing Corporation)

Juara Dunia delapan kali ini sering mampu mendorong bagian depan hingga satu milimeter dari batas putaran demi putaran. Ia juga mampu mengatasi banyaknya zona pengereman yang berat di lintasan ini.

Fitur front end dapat digunakan di belokan pertama lintasan ini yang bersifat berat dan datar. Berguna juga pada belokan ke-8, 12 dan 14 yang seperti menuruni bukit dan sedikit melengkung.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2966 seconds [12]