Basket | Detail

4 Fakta Timnas Basket Indonesia, Akhir Penantian Medali Emas

Sulthan Muafa
Rabu, 25 Mei 2022, 23:25 WIB
4 Fakta Timnas Basket Indonesia, Akhir Penantian Medali Emas
Timnas Basket Indonesia mencatat sejarah dengan mengalahkan Filipina di SEA Games 2021 (Foto: IBL)

JAKARTA-Fakta timnas basket Indonesia sangat penting untuk mengispirasi cabang lainnya. Karena pada 22 Mei 2022 lalu timnas basket Indonesia telah mengukir sejarah baru di partai final SEA Games 2021 dengan mengalahkan pesaing kuatnya, Filipina, dengan skor 85-81.

Hal ini salah satu bukti timnas basket Indonesia mampu menorehkan prestasi terbaik dengan medali emas di level SEA Games. Sehingga momen tersebut sungguh mengharukan bagi skuad timnas basket yang menuai hasil positif.

Dibalik ramainya berita kemenangan yang diraih oleh skuad basket Merah Putih tentunya juga menyimpan sisi lain yang menginspirasi.

Inilah daftar fakta timnas Basket Indonesia. 

Timnas Basket Indonesia tentunya menyimpan berbagai fakta unik seperti berikut ini:

4. Hapuskan Pengalaman Buruk di Masa Lalu

Menelusuri sejarah ke belakang, Indonesia sepanjang SEA Games beberapa tahun belakangan ini hanya mampu mendapatkan gelar runner up saja. Tepatnya pada 2007, 2015, dan 2017. 

Namun tepat di SEA Games 2021, Timnas Indonesia secara mengejutkan mampu menghapus jejak buruknya di masa lalu dengan mempersembahkan gelar terbaik. Di tahun ini berbeda karena berhasil membawa pulang medali emas usai penantian yang cukup lama.

3. Timnas Basket Indonesia Raih Medali Emas Pertama

Indonesia resmi menjadi juara pada ajang basket SEA Games 2021. Hal ini suatu keajaiban yang dimiliki oleh timnas basket Indonesia karena mampu mengoleksi medali emas untuk pertama kali.

Sedari keikut sertaan pada SEA Games tahun 1977, Indonesia seketika bangkit dari keterpurukannya dalam mengukir sejarah baru. Usai sekian lama skuadnya haus akan halnya gelar dan hanya membawa tangan kosong saja.

2. Timnas Basket Indonesia Belum Takluk Atas Tim Lawan

Sepanjang SEA Games 2021 rupanya timnas Indonesia belum merasakan kekalahan. Hal ini tentunya merupakan suatu pencapaian apik yang dicapai oleh skuad Indonesia.

Berikut perolehan timnas basket Indonesia di setiap laga SEA Games 2021;

Game Pertama - Indonesisa vs Malaysia - Skor 95-92
Game Kedua -   Indonesia vs Thailand - Skor 78-75
Game Ketiga - Indonesia vs Kamboja - Skor 94-44
Game Keempat - Indonesia vs Singapura - Skor 91-61
Game kelima - Indonesia vs Vietnam - Skor 94 -67 
Game Keenam - Indonesia vs Filipina - Skor 85-81

1. Gagalkan Mimpi Filipina Raih Juara Kembali.

Secara mengejutkan timnas basket Indonesia mampu taklukkan sang penguasa basket se-Asia Tenggara. Di balik itu pula tim Filipina pun harus bertekuk lutut usai gagal meraih mimpinya kembali dalam menorehkan gelar juara. 

Lantaran selama beberapa tahun silam, Timnas basket Filipina selalu mendominasi dan meraih gelar juara di setiap ajang SEA Games. Mulai dari 1991 hingga 2019 mereka mengoleksi medali emas dengan perolehaan sebanyak 13 edisi.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1485 seconds [13]