logo
Basket | Detail

4 Contoh Variasi Gerak Spesifik dalam Permainan Bola Basket, Bisa Memperkaya Teknik Pemula

Tim Sportstars
Kamis, 04 Agustus 2022, 18:14 WIB
4 Contoh Variasi Gerak Spesifik dalam Permainan Bola Basket, Bisa Memperkaya Teknik Pemula
Aksi pemain Timnas Basket Indonesia yang memperlihatkan variasi gerakan spesifik dalam permainan bola basket saat melawan Yordania, Kamis (14/7/2022) sore WIB, di Istora Senayan, Jakarta (Foto: MPI/Muammar Yahya Herdana)

CONTOH variasi gerak spesifik dalam permainan bola basket dibutuhkan untuk memperkaya pemahana taktik dan teknik permainan. Dimana bola basket merupakan jenis olahraga secara berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Ada beberapa contoh variasi gerak spesifik dalam permainan bola basket, seperti melempar, menangkap, menggiring, hingga menembak bola. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 4 contoh variasi gerak spesifik dalam permainan bola basket yang telah dirangkum oleh Sportstars.id berikut ini:

Contoh Variasi Gerak Spesifik dalam Permainan Bola Basket    

  1. Melempar Bola

Teknik melempar dalam permainan bola basket ada 3, yaitu chest pass (setinggi dada), bounce pass (bola pantul), dan over head pass (atas kepala). Dalam melakukan teknik melempar bola setinggi dada (chest pass), posisi tubuh dalam keadaan berdiri dengan sikap melangkah dan badan agak condong ke depan. Pegang bola dengan kedua tangan berada di depan dada lalu dorongkan ke depan.

Sama seperti chest pass, teknik melempar bola pantul (bounce pass) dilakukan dengan posisi berdiri sikap melangkah dan badan agak condong ke depan. Setelah itu, pegang bola dengan kedua tangan di depan dada dan posisi kedua siku lurus ke samping. Lalu, dorong bola lurus sejajar dengan dada.

Sementara itu, untuk teknik melempar di atas kepala (over head pass) dilakukan dengan awalan yang sama seperti kedua teknik di atas, namun kali ini posisi bola dipegang dengan kedua tangan berada di atas kepala. Setelah itu, ayunkan bola menggunakan kedua lengan secara bersamaan dengan posisi bola mengarah lurus dan datar ke arah dada penerima bola.

Brandon Jawato membantu Timnas Basket Indonesia menjuarai SEA Games 2021 (Foto: Rueters/Athit Perawongmetha)

  1. Menangkap Bola

Posisi badan dalam teknik menangkap bola basket yaitu berdiri dengan sikap kaki melangkah menghadap arah datangnya bola. Kedua telapak tangan dijulurkan dengan menyongsong arah datangnya bola. Setelah bola menyentuh telapak tangan, tariklah kaki depan ke belakang, siku lengan ditekuk hingga bola ditarik mendekati dada atau badan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1596 seconds [13]