F1 | Detail

4 Catatan Menarik dari F1 GP Meksiko 2021

Saliki Dwi Saputra
Selasa, 09 November 2021, 11:01 WIB
4 Catatan Menarik dari F1 GP Meksiko 2021
Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, melaju di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez untuk F1 GP Meksiko 2021 (Foto: Reuters/Henry Romero)

MEXICO CITY - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen keluar sebagai juara di Formula One (F1) Grand Prix (GP) Meksiko 2021, Senin (8/11/2021). Tampil di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, pembalap asal Belanda itu berhasil mengalahkan rivalnya, Lewis Hamilton, yang finis di posisi dua. 

Namun demikian jalannya balapan tidak berlangsung mulus meskipun cuaca cerah menyelimuti sirkuit pada hari itu. Pasalnya pada tikungan satu sempat terjadi insiden yang dialami oleh pembalap McLaren, Daniel Ricciardo sehingga mengakibatkan Yuki Tsunoda dan Mick Schumacher tidak bisa melanjutkan balapan. 

Insiden itu juga berimbas kepada pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas. Sebab, Bottas mengawali balapannya di posisi pertama akan tetapi karena insiden tersebut dirinya harus terlempar ke posisi 18.

Lantas seperti apa catatan menarik yang terjadi di dalam lintasan tersebut? Berikut ulasan lengkap dari Sportstars.id.

1. Superior Red Bull

Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen. (Foto: REUTERS)
Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen. (Foto: REUTERS)

Sejak sesi latihan bebas Red Bull terbilang tampil konsisten. Mobil mereka terlihat lebih siap menaklukkan sirkuit Autódromo Hermanos Rodríguez. Benar saja, Max Verstappen mampu menjadi yang tercepat dari dua wakil Mercedes lainnya, yakni Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Dalam lima balapan terakhir di Meksiko, Verstappen juga mampu meraih gelar sebanyak tiga kali yakni pada musim 2017,2018, dan 2021. Sementara dua gelar lainnya diraih oleh Hamilton pada musim 2016 dan 2019.

2. Peluang Hamilton juara makin tipis

Pembalap Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton (Foto: REUTERS)
Pembalap Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton (Foto: REUTERS)

Suka atau tidak, hegemoni Lewis Hamilton di F1 nampaknya akan segera berakhir. Pembalap asal Inggris itu seperti kehilangan tajinya bersama Mercedes musim ini. Walau beberapa kali memberikan perlawanan sengit dengan Verstappen, namun hasil GP Meksiko menjadi momok tersendiri bagi Hamilton.

Petaka pun muncul setelah insiden di tikungan pertama. Berada di dua urutan terdepan, Hamiton dan Bottas langsung terlempar ke posisi 18. Usai balapan terbesit perasaan pasrah bahwa perebutan galar musim ini semakin sulit bagi Hamilton. Selisih 22 poin jelas menjadi catatan agar Hamilton dan Mercedes tidak mengulangi kesalahan dari empat balapan terakhir musim ini.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5816 seconds [13]