logo
Hobi | Detail

4 Cara Mengukur Intensitas Latihan Olahraga Agar Sesuai Kemampuan

Tim Sportstars
Kamis, 10 November 2022, 16:39 WIB
4 Cara Mengukur Intensitas Latihan Olahraga Agar Sesuai Kemampuan
MAKASSAR - Beberapa warga tengah berolahraga di dalam Stadion Barombong, Makassar, Senin (3/10/2022). Proses pembangunan Stadion ini telah mencapai 75%, namun terhenti karena beberapa masalah, mulai dari lokasi lahan, akses jalan serta transportasi

JAKARTA - Cara mengukur intensitas latihan olahraga penting diketahui untuk membantu kamu memilih olahraga yang cocok sesuai kondisi dan kebutuhan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah resiko cedera, kelelahan berlebih dan timbulnya masalah kesehatan akibat melakukan olahraga berlebih.

Intensitas olahraga umumnya dibagi menjadi tiga tingkatan. Bagi pemula alangkah baiknya jika memulai dengan intensitas ringan, sebelum meningkat menjadi intensitas sedang dan intensitas berat. Keseimbangan dalam berolahraga merupakan hal terpenting. 

Cara Mengukur Intensitas Latihan Olahraga

Intensitas yang baik membuat kinerja tubuh berjalan optimal.Setiap orang memiliki kondisi dan ketahanan tubuh yang berbeda, maka dari itu kita harus mengetahui batas maksimal yang bisa dilakukan untuk tubuh. Berikut cara mengukur intensitas latihan olahraga.

Mengukur intensitas berdasarkan kondisi tubuh:

  • Intensitas olahraga sedang

Berikut ciri-ciri pada intensitas olahraga sedang. Ketika selesai berolahraga nafas akan semakin cepat tetapi tidak sampai kehabisan napas, keringat akan keluar kurang lebih 10 menit setelah berolahraga, kamu tetap bisa berbicara namun tidak bisa bernyanyi.

  • Intensitas latihan berat

Berbeda dengan intensitas sedang, sehabis berolahraga kamu hanya bisa mengeluarkan beberapa kata dan mengeluarkan keringat yang lebih banyak setelah beberapa menit istirahat, selain itu nafas menjadi lebih dalam dan cepat.

Mengukur intensitas dengan tes bicara:

Cara ini hampir sama dengan cara di atas, namun lebih berfokus pada cara berbicara setelah berolahraga. Sebagai berikut:

  • Jika kamu selesai berolahraga namun masih bisa berbicara dan bernyanyi dengan lancar tanpa kesulitan atau sesak, artinya kamu berolahraga pada intensitas ringan.
  • Jika setelah berolahraga kamu bisa berbicara dengan nyaman, tetapi terengah-engah saat bernyanyi, artinya kamu berolahraga dengan intensitas sedang.
  • Jika tidak dapat mengucapkan lebih dari beberapa kata, maka kamu berolahraga dengan intensitas yang berat.

James Rodriguez Gerak Cepat Selamatkan Nyawa Lawan yang Kena Serangan Jantung

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1716 seconds [13]