logo
Basket | Detail

4 Cara Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket Lengkap

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 13:29 WIB
4 Cara Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket Lengkap
Cara menggiring bola basket ke ring melewati pemain lawan

JAKARTA-Dalam bola basket, cara menggiring bola saat bermain merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai. Dimana seorang pemain dengan menggunakan satu tangan, terus memantulkan bola di lapangan. Skil menggiring bola membantu seorang pemain dalam mengontrol bola, memajukannya ke arah ring, dan menciptakan jarak dengan pemain lawan yang ingin mencari poin. 

Dalam kamus bola basket, menggiring bola dikenal sebagai penanganan bola, dan seorang pemain yang memajukan bola dengan menggiring bola dikenal sebagai penangan bola. 

Cara Menggiring Bola Permainan Bola Basket

Menggiring bola adalah keterampilan penting yang harus dipelajari pemain bola basket karena memungkinkan Anda memajukan bola ke atas lapangan menuju ring untuk mencetak poin, yang merupakan tujuan utama permainan.

Berikut Sportstars.id telah merangkum cara menggiring bola dalam permainan bola basket untuk dipahami.

  • Tetap Rendah

Pemain harus menyadari untuk menjaga tetap dengan pusat gravitasi yang rendah. Ini akan membantu saat menggiring bola dalam banyak hal. Tujuannya agar pemain basket berada dalam posisi lebih stabil untuk berlari sambil menggiring bola dan mampu menahan fisik dan menjaga bola. Ini juga membantu teknik bermain dengan memastikan bola tetap serendah mungkin sehingga bola sulit direbut lawan.

  • Menggiring Bola Rendah

Aturan umum saat menggiring bola adalah menjaga ketinggian pantulan antara lutut dan pinggang. Sudah menjadi hukum wajib bagi pemain basket agar tidak memantulkan bola tinggi. Sehingga jangan pernah menggiring bola lebih tinggi dari garis pinggang. Semakin rendah bola, dikombinasikan dengan tubuh yang juga tetap merendah, akan semakin sulit bagi bek untuk mencuri bola.

  • Posisi Kepala Diangkat

Teknik ini tentu akan membutuhkan waktu untuk dikuasai dan harus dilatih. Karena menggiring bola dengan mata menghadap ke atas dan bukan ke bola awalnya sulit dilakukan. Terutama sepanjang pertandingan. Tetapi bila mampu menggiring bola dan mengamati lapangan, pemain akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik dalam menyerang. Karena pergerakannya jadi leluasa dan tidak dapat ditebak.

  • Pantulkan Bola Dengan Keras

Setelah pemain menguasai cara menggiring bola, maka berikutnya adalah menguasai teknik memantulkan bola dengan keras ke tanah. Caranya saat melakukan gerakan menggiring bola, lengan akan memanjang dan pergelangan tangan harus bergerak maju. Sementara itu ujung jari harus konsisten mendorong bola ke tanah agar tempo terjaga. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1712 seconds [12]