Ragam Lainnya | Detail

4 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani yang Wajib Diketahui

Tim Sportstars
Kamis, 12 Mei 2022, 07:00 WIB
4 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani yang Wajib Diketahui
Berlatih di pusat kebugaran bertujuan menjaga kondisi fisik

JAKARTA- Bentuk latihan kebugaran jasmani sangat krusial pada saat ini. Karena ini merupakan salah satu syarat dalam usaha peningkatan kebugaran jasmani seseorang. Jadi dapat dikatakan ini adalah keperluan dasar yang tidak dapat diabaikan. Namun karena banyaknya ragam sikap gerak yang harus dilakukan, maka perlu disiapkan berbagai unsur kondisi fisik sebaik-baiknya. Untuk mencapai hal tersebut, unsur-unsur kebugaran jasmani sangat perlu dilatih.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Berikut merupakan bentuk latihan kebugaran jasmani yang telah dirangkum oleh tim Sportstars.id. Mari kenali bentuk, manfaat dan tujuannya di bawah ini;

  • Latihan Kekuatan

Kekuatan adalah ketegangan yang terjadi atau kemampuan otot untuk suatu ketahanan akibat suatu beban. Beban tersebut dapat dari bobot badan sendiri atau dari luar (external resistance). Kekuatan dapat ditingkatkan dengan latihan yang menimbulkan tahanan, misalnya mengangkat, mendorong dan menarik. Bentuk-bentuk latihan kekuatan secara sederhana antara lain adalah latihan kekuatan otot perut, latihan kekuatan otot kedua lengan,  latihan kekuatan otot punggung dan latihan kekuatan otot lengan.

  • Latihan Daya Tahan Otot

Daya tahan otot adalah kemampuan otot-otot untuk melakukan tugas gerak yang membebani otot dalam waktu yang cukup lama. Salah satu bentuk latihan daya tahan otot adalah latihan weight training (Pembelajaran beban). seperti: latihan daya tahan otot lengan dan bahu,latihan daya tahan otot tungkai, latihan daya tahan otot lengan berpasangan.

  • Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-paru

Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kerja dalam waktu yang relatif lama. Istilah lainnya yang sering digunakan ialah respirato-cardio-vaskulair endurance, yaitu daya tahan yang bertalian dengan pernafasan, jantung dan peredaran darah. Latihan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan daya tahan jantung dan paru-paru antara lain: lari jarak jauh, renang jarak jauh, cross-country atau lari lintas alam, fartlek, interval training atau bentuk Pembelajaran apapun yang memaksa tubuh untuk bekerja dalam waktu yang lama (lebih dari 6 menit).

Kelenturan (fleksibility) merupakan luas gerak dari persendian atau sebagai kemampuan seseorang untuk menggerakan anggota badan pada luas gerak tertentu pada suatu persendian. Kelenturan dapat ditingkatkan dengan bentuk latihan mengayun, memutar, dan memantul-mantulkan, atau dapat juga dengan menggerak-gerakan anggota tubuh. 

Latihan kelenturan atau fleksibilitas bertujuan agar otot-otot pada sendi tidak kaku dan dapat bergerak dengan leluasa, tanpa ada gangguan yang berarti. Bentuk gerakan pada latihan kelenturan, tentunya harus disesuaikan dengan sifat dan bentuk dari gerak persendian tersebut. Bentuk-bentuk latihan kelenturan ada dua bentuk, yaitu dengan peregangan dinamis dan peregangan statis. 


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1280 seconds [12]