logo
Hobi | Detail

4 Alat yang Digunakan dalam Senam Irama, Indah dan Elegan

Tim Sportstars
Rabu, 14 September 2022, 18:14 WIB
4 Alat yang Digunakan dalam Senam Irama, Indah dan Elegan
Peregangan sebelum melakukan senam irama perlu dilakukan untuk menghindari cedera. (Foto: nbcolympics)

JAKARTA - Alat yang digunakan dalam senam irama tidak semuanya sama. Dalam melakukan senam irama, terdapat alat penunjang seperti tali, simpai, pita, bola, hingga tongkat. Alat-alat tersebut bermanfaat sebagai nilai estetika sang pesenam dalam menunjukkan performa terbaiknya hingga dapat mencetak skor sempurna.

Senam irama atau senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan iringan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Dilansir dari laman resmi Olympics pada Selasa (13/9/2022), inilah empat alat yang digunakan dalam senam irama dalam menciptakan berbagai koreografi indah.

4 Alat yang Digunakan dalam Senam Irama

  1. Pita

Pita merupakan benda wajib yang digunakan dalam olahraga senam irama, karena benda tersebut dapat menciptakan berbagai bentuk yang indah. Dalam senam irama, pita yang digunakan adalah berbahan satin dan berukuran enam meter lalu diikat di setiap ujungnya. Beberapa gerakan senam irama paling populer dengan menggunakan pita adalah gerakan ular dan gerakan spiral.

  1. Simpai (Hula Hoop)

Simpai atau hula hoop memberikan banyak pesenam irama berbagai gerakan kreatif, karena dapat dapat dimainkan di sekitar lengan, pinggang, leher, lutut, dan kaki. Penampilan lain yang dapat ditunjukkan dengan menggunakan alat hula hoop adalah putaran, dimana pesenam memutar hula hoop tersebut dan melewati setiap rintangannya. Bahan simpai dalam olahraga senam irama adalah kayu atau plastik dengan diameter berukuran 80-90 cm dan memiliki berat 200 gram.

Hola hop menjadi salah satu alat yang digunakan dalam senam irama. (Foto: rochdaleonline)

  1. Bola

Di kejuaraan olimpiade, para pesenam sering kali melakukan lemparan, tangkapan, dan gulingan dengan menggunakan alat senam irama berbentuk bola. Selain itu, dilakukan pula gerakan lain seperti mengoper bola dari satu tangan ke tangan lainnya hingga melewati area sekitar pinggang, pergelangan kaki, atau bagian tubuh lainnya. Bola yang digunakan dalam senam irama yaitu berbahan karet atau sintesis dengan diameter 18-20 cm dan memiliki berat 400 gram.

  1. Tongkat

Penampilan senam irama dengan tongkat dapat menunjukkan kelincahan dan akurasi pesenam karena menggunakan pergelangan tangan mereka untuk mengayunkannya. Tongkat yang digunakan dalam senam irama yaitu berbahan kayu atau sintesis dengan panjang 40-50 cm, berdiameter 3 cm, dan beratnya yang mencapai 150 gram.

Itulah empat alat yang digunakan dalam senam irama untuk menunjang performa para pesenam sekaligus sebagai nilai estetika. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. (Antika Fahira)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1698 seconds [13]