Ragam Lainnya | Detail

3 Tips Aman Berenang Saat Sedang Menstruasi

Johana Joy Artamira
Sabtu, 14 Mei 2022, 09:45 WIB
3 Tips Aman Berenang Saat Sedang Menstruasi
Tips berenang saat menstruasi agar tetap aman

JAKARTA–Menstruasi bukanlah suatu penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas dan olahraga, khususnya berenang. Olahraga ini boleh saja dilakukan pada saat menstruasi dengan memperhatikan berbagai hal. Salah satunya adalah sebaiknya hindari berenang saat menstruasi sedang banyak keluar.

Namun juga tidak usah khawatir bila darah menstruasi akan keluar ketika berenang. Tekanan air pada kolam renang justru akan dapat menghambat darah menstruasi keluar. Seusai berenang lalu keluar dari kolam, maka darah menstruasi baru berpotensi untuk keluar. Lantas, apa saja tips aman berenang saat sedang menstruasi?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips aman berenang saat sedang menstruasi:

  • Kondisi Tubuh dan Mental dalam Keadaan Baik

Tips yang pertama adalah pastikan kondisi tubuh serta mental dalam keadaan yang baik untuk berenang. Karena ada beberapa wanita pada saat menstruasi mengalami rasa sakit yang bukan main, bahkan sangat sulit untuk bangun dari tempat tidur. Jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya jangan berenang.

  • Gunakan Menstrual Cup

Selanjutnya, gunakanlah menstrual cup yang nyaman. Pilihlah menstrual cup yang bahannya cocok dengan jenis kulit dan dapat melekat pada pakaian dalam. Menstrual cup memiliki fungsi yang sama dengan pembalut, yaitu menampung darah selama menstruasi.

  • Pakailah Pakaian Renang yang Pas

Tips berikutnya adalah mengenakan pakaian renang dengan ukuran yang pas. Apabila pakaian renang terlalu longgar, dapat menyebabkan kebocoran. Sementara jika pakaian renang terlalu ketat, bisa menimbulkan iritasi.

Demikian tadi adalah informasi tentang tips aman berenang saat sedang menstruasi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1383 seconds [13]