Bola Lainnya | Detail

3 Tim Indonesia Tersukses di AFC Cup, Ada yang Pernah Bantai Juara Bertahan

Coro Mountana
Jum'at, 24 Juni 2022, 14:57 WIB
3 Tim Indonesia Tersukses di AFC Cup, Ada yang Pernah Bantai Juara Bertahan
Boaz Solossa merayakan gol Persipura Jayapura ke gawang Kuwait SC di AFC Cup 2014 bersama Titus Bonai (FOTO: Youtube The AFC Hub).

BERIKUT adalah 3 tim Indonesia tersukses pada ajang AFC Cup di mana salah satunya sempat bantai juara bertahan. Sepanjang keikutsertaan tim Indonesia di AFC Cup, memang belum pernah ada yang menjadi juara.

Bahkan sampai final pun belum ada. Tapi sejak 2009, ada 3 tim Indonesia yang mencapai langkah terjauh di AFC Cup. Bisa dibilang ketiga tim itu merupakan yang tersukses mewakili Indonesia di AFC Cup.

Dalam hitungan jam, PSM Makassar dan Bali United akan bertarung di AFC Cup 2022. Tentu harapan kita PSM Makassar dan Bali United bisa melaju sejauh mungkin seperti 3 tim Indonesia tersukses di AFC Cup berikut ini.

Arema FC

Arema FC saat bertanding di AFC Cup 2012 (FOTO: Youtube).
Arema FC saat bertanding di AFC Cup 2012 (FOTO: Youtube).

Pada AFC Cup 2012, Arema FC tampil sangat meyakinkan. Diperkuat Roman Chmelo, Putut Waringin Jati, Talaohu Abdul Musafri, hingga Ahmad Amiruddin, Arema FC mampu lolos dari fase grup yang dihuni Kelantan (Malaysia), Navibank Sai Gon (Vietnam) dan Ayeyawady United (Myanmar).

Sebenarnya poin Arema FC (7) sama dengan Sai Gon dan Ayeyawady. Namun dikarenakan Arema FC menang head to head dengan kedua tim tersebut, membuat Singo Edan pun berhak lolos ke babak 16 besar.

Namun karena berstatus sebagai runner up grup, Arema FC harus bertanding tandang ke markas klub Hong Kong, Kitchee. Heroiknya, Arema FC ternyata mampu mengalahkan sang tuan rumah berkat brace Putut Waringin Jati sehingga berhak lolos ke 8 besar.

Sayangnya langkah Arema FC harus terhenti di perempat final setelah kalah agregat 0-4 dari tim Arab Saudi, Al-Ettifaq. Meski begitu, mencapai babak perempat final merupakan langkah terjauh tim Indonesia di AFC Cup saat itu.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1330 seconds [12]