logo
Hobi | Detail

3 Teknik Start Lari Estafet yang Perlu Diperhatikan

Tim Sportstars
Kamis, 14 Juli 2022, 14:15 WIB
3 Teknik Start Lari Estafet yang Perlu Diperhatikan
Teknik start lari estafet perlu diperhatikan untuk bisa memenangkan pertandingan. (Foto: unenvironment)

JAKARTA - Teknik start lari estafet perlu diperhatikan sebelum dimulainya pertandingan. Teknik start tersebut antara lain start pendek, start menengah, dan start panjang.

Lari estafet merupakan cabang olahraga yang yang dilakukan secara bergantian atau berantai. Lari estafet biasanya terdiri dari empat pemain dalam satu regu yang masing-masing pemainnya saling mengoper tongkat.

Pelari pertama menggunakan start jongkok. Sedangkan pelari kedua sampai keempat menggunakan start melayang. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 3 teknik start lari estafet yang wajib diperhatikan:

Teknik Start Lari Estafet Yang Perlu Diketahui

1. Start Pendek (Bunch Start)

Start Pendek. (Foto: PENJAS MAN 1 KAB.SOLOK)

Teknik seperti ini diawali dengan berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan, lalu kedua tangan berada tepat di samping badan.
Langkah berikutnya yaitu posisikan kedua tangan berada sejajar dengan garis start. Pastikan kedua ibu jari membentuk huruf V dan masing-masing keempat jari tangannya saling menempel.

Setelah itu, angkat panggung lebih tinggi dari posisi pundak. Fokuskan pandangan tepat ke depan.
Kemudian, letakkan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Jari-jari pada kaki belakang harus sejajar dengan tumit kaki depan.

2. Start Menengah (Medium Start)

Start Menengah. (Foto: PENJAS MAN 1 KAB.SOLOK)

Sama seperti start pendek, gerakan awal pada teknik start menengah yaitu berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan, dan kedua tangan tepat di samping badan.

Setelah itu, langkah berikutnya adalah posisikan kaki kiri di belakang kaki kanan. Lutut pada kaki kiri harus berada sejajar dengan ujung jari pada kaki depan.

Kemudian, turunkan badan sehingga kedua tangan berada tepat di belakang garis start. Lalu, angkat panggul lebih tinggi dari posisi pundak dan leher. Fokuskan pandangan ke depan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1581 seconds [13]