logo
Ragam Lainnya | Detail

3 Teknik Memegang Peluru dalam Tolak Peluru, Yuk Pelajari!

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 23 Februari 2023, 18:11 WIB
3 Teknik Memegang Peluru dalam Tolak Peluru, Yuk Pelajari!
Cara memegang peluru dalam tolak peluru cukup mudah dipraktikkan (Foto: World Athletic)

JAKARTA – Ada tiga teknik memegang peluru dalam tolak peluru. Ketiga teknik itu sangat penting untuk Anda pelajari, terutama jika tertarik dengan olahraga tolak peluru.

Perlu diketahui, tolak peluru masuk dalam cabang olahraga atletik (cabor atletik) kategori lempar. Selain tolak peluru, cabor atletik ikut mempertandingkan nomor lempar lembing, lempar cakram, dan lontar martil.

Kendati masuk ke kategori lempar, cara melakukan olahraga yang satu ini bukanlah dengan melempar peluru, melainkan ditolak atau didorong. Apalagi, peluru yang berbentuk bola besi bulat sangat berat.

Lalu seperti apa teknik memegang peluru dalam tolak peluru? Berikut ulasan Sportstars.id yang dirangkum dari berbagai sumber:

Cara Memegang Peluru

Seorang pelempar harus menguasai teknik memegang peluru dengan benar. Sebab, ini merupakan bagian awal serta teknik dasar dari olahraga tolak peluru.

Peluru sendiri wajib dipegang dengan pangkal jari dan tidak menyentuh bagian telapak tangan. Berikut tiga teknik memegang peluru dalam tolak peluru.

1. Teknik Memegang dengan Jari-Jari Renggang

Teknik memegang peluru ini biasanya dilakukan oleh atlet yang memiliki ruas jari terhitung pendek. Dalam teknik ini, posisi antarjari cenderung renggang ketika memegang peluru.

Posisi jari kelingking sebisa mungkin ditempatkan di samping peluru agak belakang sebelum melakukan tolakan. Dengan begitu, peluru tidak akan mudah jatuh.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Sportstars.id tidak terlibat dalam materi konten ini.
RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1980 seconds [13]