logo
Hobi | Detail

3 Teknik Dasar Lari Jarak Menengah dan Awalannya untuk Pemula

Intan Rachmasari
Rabu, 20 Juli 2022, 11:40 WIB
3 Teknik Dasar Lari Jarak Menengah dan Awalannya untuk Pemula 
Lari jarak menengah memerlukan teknik dasar yang wajib diketahui.

JAKARTA-Teknik dasar lari jarak menengah menjadi informasi yang perlu diketahui oleh para pecinta olahraga. Pasalnya cabang olahraga atletik dengan nomor lari ini membutuhkan strategi yang matang dalam pelaksanaannya.

Lari jarak menengah merupakan olahraga lari dengan jarak tempuh sekitar 800 sampai 3000 m atau hampir mencapai 2 mil. Tidak hanya dibutuhkan kecepatan, pada olahraga ini diperlukan juga teknik dasar khusus agar mencapai garis finis.

Karena jarak yang tidak sedikit, maka harus ada strategi yang matang dalam pelaksanaannya. Berikut Sportstars sajikan teknik dasar lari jarak menengah yang telah dirangkum dari beberapa sumber;

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah 

1. Teknik Awalan atau Start

  • Lari jarak menengah dilakukan dengan Start berdiri. Untuk mengatur pernapasan agar tetap lancar, posisi tubuh harus dalam posisi tegak. Pastikan tubuh dalam keadaan rileks saat berlari.
  • Pastikan pandangan dan posisi kepala untuk selalu menghadap ke depan.
  • Untuk menambah kecepatan coba ayunkan lengan setinggi bahu.
  • Selain mengayunkan lengan untuk menambah kecepatan bisa juga dengan mengangkat bahu lebih tinggi dari pinggul.
  • Usahakan untuk selalu mengatur pola pernapasan.
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1561 seconds [12]