logo
Ragam Lainnya | Detail

3 Tahapan Latihan dalam Senam Irama

Tim Sportstars
Senin, 31 Oktober 2022, 13:50 WIB
3 Tahapan Latihan dalam Senam Irama
Tahapan latihan dalam senam irama (Foto: nbcolympics)

JAKARTA - Tahapan latihan dalam senam irama terbagi pada tiga bagian. Senam irama adalah senam dengan gerakan yang mengikuti irama yang berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan sebagainya. 

Senam irama dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk memperlihatkan koreografi yang kental dengan akrobatik dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Senam irama atau senam ritmik merupakan salah satu alternatif metode yang digunakan untuk meningkatkan konsentrasi melalui gerakan-gerakan tubuh. Hal itu terjadi karena aliran darah ke otak berjalan dengan lancar dan otak mendapatkan oksigen yang banyak sehingga otak berfungsi secara optimal.

Senam irama memadukan gerakan tari dan balet yang terdiri dari gerakan pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan. Unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama untuk melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh. 

Olahraga ini sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang besar, seperti Olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya. Salah satu senam irama yang banyak dikenal adalah senam dengan menggunakan pita seperti yang sering dilakukan pada pertandingan Olimpiade.

Berikut tiga tahapan latihan dalam senam irama:

Fase pemanasan (warming up)

Gerakan pemanasan sangat penting sebelum kita melakukan gerakan inti. Pemanasan mempunyai dua tujuan yaitu menarik dan memanaskan otot-otot anggota tubuh serta menyiapkan denyut jantung.

Fase aerobik (inti) 

Merupakan inti dari gerakan senam. Model gerakan pada fase ini adalah gerakan yang ringan dengan gerakan pelan tanpa gerakan yang kuat. Umumnya dalam fase ini gerakannya diulang 2–5 kali.

Fase pendinginan (cooling down)

Yang memerlukan sedikitnya waktu 5 menit. Pada fase ini harus tetap bergerak, tetapi cukup pelan untuk membiarkan detak jantung menurun secara berangsur-angsur.

Seperti itulah tahapan latihan dalam senam irama serta pengertian senam irama yang bisa dipelajari. (Yulita Anzani)

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1869 seconds [12]