Bola Lainnya | Detail

3 Stadion yang Terbengkalai Usai PON, Kini Jadi Tempat Angker

Yan Yusuf
Rabu, 06 Oktober 2021, 09:36 WIB
3 Stadion yang Terbengkalai Usai PON, Kini Jadi Tempat Angker
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Foto: Oris Riswan/MNC)

JAKARTA - Kemegahan yang terjadi saat penyelanggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) menjadi berubah ketika gelaran tersebut selesai. Mahalnya biaya perawatan membuat beberapa venue PON kemudian menjadi terbengkalai.

Beberapa stadion kemudian menjadi kurang terawat hingga akhirnya rusak parah. Maka dari itu kini menjadi pertanyaan apakah nantinya setelah penyelenggaraan PON XX Papua 2021 stadion yang digunakan bakal terbengkalai juga.

Berdasarkan literasi yang berhasil dihimpun, berkut ini adalah beberapa stadion yang awalnya menjadi megah kini menjadi tempat angker yang tak mau didatangi sejumlah orang.

1. Stadion Watubelah

Saat PON di Jawa Barat tahun 2016 lalu, pihak penyelenggara membangun beberapa stadion di beberapa titik. Pembangunan stadion Watubelah pun dilakukan di kawasan Kabupaten Cirebon.

Proses pembangunan memakan waktu yang cukup lama saat itu hingga menguras APBD Kabupaten Cirebon setiap tahunnya. Sayang hingga pelaksanaan PON 2016, pembangunan stadion tak kunjung usai. Ironisnya pelaksanaan PON tak dilakukan di sana.

Kini stadion itu pun terbengkalai, dengan kondisi mengenaskan dan hanya beberapa tribun yang telah jadi. Bangunan stadion kemudian menjadi rusak karena dibiarkan tak terurus.

Namun pada bulan Maret 2021, Pemkab Cirebon menjadikan Stadion Watubelah sebagai lokasi screening awal pasien Covid-19 dan tempat tes swab massal.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1488 seconds [13]