Tim Nasional | Detail

3 Skuad Timnas Indonesia saat Dijuluki Macan Asia

Hendry Kurniawan
Rabu, 12 Januari 2022, 12:00 WIB
3 Skuad Timnas Indonesia saat Dijuluki Macan Asia
Timnas Indonesia di SEA Games 1987 (Foto: Istimewa)

PADA suatu masa Timnas Indonesia pernah dijuluki sebagai Macan Asia. Hal ini terjadi karena performa gemilang yang ditunjukkan oleh Timnas Indonesia kala mengikuti turnamen internasional. Tidak hanya itu, mereka bahkan mampu mengalahkan tim kuat seperti Jepang.

Kala itu Kardono yang menjabat sebagai Ketua Umum PSSI bisa dibilang berjasa besar mengantarkan Timnas Indonesia berprestasi. Pasalnya, ia menyusun program yang sangat matang, bahkan sejak satu tahun sebelum turnamen dimulai hingga melakukan uji coba dengan tim-tim hebat Eropa.

Pada akhirnya, kemampuan dan mental bertanding para penggawa Timnas Indonesia pun semakin terasah sehingga bisa menunjukkan taringnya di kompetisi resmi. Berbicara soal pemain, berikut adalah skuad Timnas Indonesia ketika dijuluki Macan Asia yang telah dirangkum oleh Tim Sportstars.id:

1. Asian Games 1986

Dalam gelaran Asian Games 1986, Timnas Indonesia mampu melaju hingga babak semifinal. Ketika itu Skuad Garud menjadi runner-up Grup C dan kemudian mengalahkan Uni Emirat Arab di perempat final dengan skor 4-3 via adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Sayangnya, laju Indonesia terhenti di semifinal ketika bersua Korea Selatan. Meski begitu, ini menjadi pencapaian terbaik Timnas Indonesia di ajang Asian Games.

Kiper: Hermansyah, Donny Latuperissa
Bek: Ristomoyo, Didik Darmadi, Aun Harhara, Syafrudin Fabanyo, Tonggo Tambunan, Warta Kusuma, Marzuki Nyak Mad
Gelandang: Herry Kiswanto, Dudung Abdullah, Rully Nere, Zulkarnaen Lubis, Ferril Hattu, Elly Idris, Yusuf Bachtiar, Warta Kusuma, Noah Meriem
Penyerang: Dede Sulaiman, Bambang Nurdiansyah, Wahyo Tanoto, Sain Irmiz, Adolf Kabo

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1204 seconds [12]