Fighting | Detail

3 Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia

Tim Sportstars
Jum'at, 27 Mei 2022, 16:00 WIB
3 Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia 
Beberapa perguruan pencak silat di Indonesia tersebar luas di beberapa tempat. (Foto: NOC Indonesia)


JAKARTA-Olahraga Pencak Silat sebagai salah satu cabang olahraga yang tersebar luas di Asia Tenggara bahkan di Dunia. Hingga saat ini, terdapat beberapa perguruan silat terbesar di berbagai daerah di Indonesia. 

Berikut Sportstars telah merangkum 3 perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Yuk simak!

Perguruan Silat Terbesar di Indonesia

1. Perguruan Silat Cimande

Perguruan silat Cimande salah satu perguruan pencak silat tertua yang ada sejak abad ke-17 di Kampung Babakan, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Hingga saat ini, perguruan silat cimande sudah semakin berkembang. Bahkan, telah melahirkan berbagai silat di Indonesia sampai ke luar negeri. Sehingga menjadikan Silat Cimande sebagai salah satu perguruan terbesar di Indonesia.

Eyang Khair merupakan pendiri perguruan silat Cimande pun dianggap sebagai guru pertama di perguruan silat Cimande. 

Pendiri perguruan silat Cimande menjelaskan bahwa silat Cimande dibagi menjadi tiga bagian yaitu, Perguruan Cimande Hilir di Karawang, Perguruan Cimande Tengah di Banten, dan Perguruan Cimande Girang di Bogor.

2. IKSPI Kera Sakti

IKSPI Kera Sakti atau yang dikenal dengan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Ikatan Kera Sakti merupakan salah satu perguruan terbesar di Indonesia dan memiliki berbagai cabang di Luar Negeri.

Cabang IKSPI di luar negeri seperti Timor Leste, Singapura, Thailand, Malaysia, Irlandia, Brunei Darussalam, hingga Korea Selatan.

Pusat perguruan ini berlokasi di Desa Buduran, Kabupaten Madiun. IKSPI menjadi salah satu perguruan pencak silat yang memiliki banyak keunikan, karena menggabungkan unsur gerakan silat dan kungfu. 

Perguruan ini tidak hanya melatih gerakan gabungan silat dan kungfu, tetapi juga mengajarkan kerohanian atau pemahaman tentang agama.

3. Perguruan PSHT, Persaudaraan Setia Hati Terate

Perguruan silat terbesar yang ketiga yaitu PSHT atau dikenal dengan Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate

PSHT dibentuk pada tahun 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Perguruan ini menjadi salah satu yang turut mendirikan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) pada tanggal 15 Mei 1948.

Hingga saat ini, PSHT memiliki 7 juta anggota di 236 cabang di Indonesia, 10 Komisariat di perguruan tinggi. Bahkan PSHT juga memiliki cabang komisariat di luar negeri.

Jaringannya tersebar hingga negara seperti Rusia (Moskow), Timor Leste, Belanda, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Belgia, dan Prancis. (Nathasya Regina Sihombing) 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3281 seconds [12]