logo
Tim Nasional | Detail

3 Kelemahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Nomor 1 Fatal

Cikal Bintang Raissatria
Rabu, 18 Januari 2023, 05:45 WIB
3 Kelemahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Nomor 1 Fatal
Marselino Ferdinan dikepung 4 pemain lawan pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022 (FOTO: Sportstars/Muhammad Pratama Suprayadillah)

JAKARTA - Berikut adalah 3 kelemahan Timnas Indonesia sepanjang turnamen Piala AFF 2022 berlangsung. Kelemahan itu membuat Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2022. 

Timnas Indonesia hanya mampu mencapai semifinal Piala AFF 2022. Skuad asuhan Shin Tae-yong terhenti usai dikalahkan Vietnam secara agregat (0-2) dalam pertandingan dua leg.

Hasil ini membuat Skuad Garuda harus angkat koper dari turnamen. Prestasi Pratama Arhan dan kolega menurun ketimbang tahun lalu, yang mana mereka mampu menjadi runner up. 

Lantas, apa saja faktor kelemahan yang membuat Timnas Indonesia gagal di Piala AFF 2022? Sportstars mencoba mengulasnya.

3. Penyelesaian Akhir yang Buruk

Witan Sulaeman gagal membawa Timnas Indonesia unggul atas Timnas Thailand padahal gawang lawan sudah kosong (Foto: Twitter/@affmecup)
Witan Sulaeman gagal membawa Timnas Indonesia unggul atas Timnas Thailand padahal gawang lawan sudah kosong (Foto: Twitter/@affmecup)

Penyelesaian akhir yang buruk menjadi faktor pertama kelemahan Timnas Indonesia. Empat penyerang di lini depan hanya berhasil mencetak empat dari total 12 gol Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Selain penyerang, beberapa pemain Timnas Indonesia lainnya juga acapkali gagal memanfaatkan peluang emas. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun mengakui penyelesaian akhir Skuad Garuda masih harus mendapatkan evaluasi.

“Dengan belajar dari laga pertama melawan Kamboja, ada beberapa peluang yang sempurna, dan kita tidak bisa dapat mencetak gol. Selesai pertandingan, saya tegaskan kita bisa mencetak gol ketika mendapatkan peluang baik, apalagi performa kita semakin membaik,” kata Shin usai kemenangan melawan Filipina di laga terakhir fase grup Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023) lalu.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2097 seconds [12]