logo
Basket | Detail

3 Jenis Pelanggaran Dribble dalam Bola Basket yang Wajib Dihindari

Tim Sportstars
Rabu, 10 Agustus 2022, 16:16 WIB
3 Jenis Pelanggaran Dribble dalam Bola Basket yang Wajib Dihindari
Derrick Michael mengukir sejarah bersama Timnas Basket Indonesia pada SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@derrickmichael_)

PELANGGARAN dribble dalam bola basket perlu diketahui untuk mengurangi kesalahan sendiri dalam permainan. Setiap pemain basket harus menguasai teknik-teknik dalam permainan bola basket, termasuk mendribble. 

Mendribble merupakan kegiatan menggiring bola dengan cara memantul mantulkan bola ke lantai. Mendribble adalah teknik utama dalam permainan basket. Saat bermain basket tentu ada aturan aturan yang harus dipatuhi untuk menghindari pelanggaran yang akan menyebabkan tim terdiskualifikasi atau mendapatkan hukuman. 

Sanksi dalam melakukan pelanggaran dalam permainan basket bermacam macam. Dari yang hukuman ringan sampai yang berat. Untuk menghindari kesalahan itu, ketahuilah macam macam pelanggaran dribble dalam bola basket yang telah dirangkum oleh Sportstar.id.

Macam-macam pelanggaran dribble dalam bola basket 

Macam macam pelanggaran dribble dalam bola basket terbagi menjadi tiga macam, diantaranya: 

Double Dribble Violation

Double dribble merupakan sebuah kondisi dimana pemain melakukan dribble menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Dalam peraturan FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), dribble hanya bisa dilakukan dengan 1 tangan dengan posisi telapak tangan mengarah ke bawah. Mendribble bola basket boleh dilakukan dengan tangan kanan maupun tangan kiri asalkan dilakukan secara bergantian.

Timnas Basket Putri Indonesia dikalahkan Filipina di SEA Games 2021 (Foto: Basketnasputri/Instagram)

Walking 

Walking kerap kali disebut sebagai traveling. Walking atau traveling merupakan istilah yang menggambarkan seseorang membawa lari bola tanpa memantulkannya dalam bermain. Walking masuk ke dalam pelanggaran dribble dalam bola basket karena pada permainan bola basket maksimal langkah yang dapat diambil saat membawa bola adalah 2 langkah. Apabila pemain membawa bola lebih dari dua langkah tanpa memantulkan bola akan dikenakan sanksi berupa pemindahan bola ke pihak lawan. 

Carrying

Carrying terjadi apabila pemain melakukan dribbling bola tetapi telapak tangan mengarah ke atas seakan akan bola tidak dipantulkan. Kesalahan dribble ini akan dikenakan sanksi turn over atau perpindahan bola. Pemain bisa menghindari kesalahan ini dengan tetap mengarahkan telapak tangan ke arah bawah.

Itulah macam macam pelanggaran dribble dalam bola basket yang harus dihindari. Setelah mengetahuinya, diharapkan pemain bola basket dapat menghindari kesalahan kesalahan tersebut agar tidak mendapatkan sanksi atau hukuman yang akan merugikan tim saat bermain. (Nur Fitriani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1668 seconds [13]