Liga Indonesia | Detail

3 Eks Real Madrid yang Pernah Main di Liga 1, Mesut Ozil Segera Menyusul

Furqon Al Fauzi
Selasa, 11 Januari 2022, 06:30 WIB
3 Eks Real Madrid yang Pernah Main di Liga 1, Mesut Ozil Segera Menyusul
Mesut Ozil

KABAR Tim Promosi Liga 1 2022 RANS Cilegon FC ingin mendatangkan Mesut Ozil membuat heboh sepak bola Indonesia. Chairman RANS Cilegon FC, Raffi Ahmad pun sudah angkat bicara terkait transfer Mesut Ozil ke RANS Cilegon FC. Jika benar terjadi, Mesut Ozil akan jadi eks pemain Real Madrid keempat yang berkiprah di kompetisi sepak bola nasional Liga 1. Sebelumnya sudah ada tiga mantan pemain yang pernah memperkuat Real Madrid bermain di Liga 1.

Diawali oleh Michael Essien menjadi transfer paling mengejutkan pada edisi perdana Liga 1 2017. Essien yang pernah dipinjamkan ke Real Madrid tersebut membela panji Persib Bandung. Kiprah Essien di Persib bisa dibilang tidak buruk. Mantan gelandang Chelsea tersebut mencatat 29 kali main dan mencetak 5 gol dan satu assist. Namun Essien hanya satu musim membela Maung Bandung

Michael Essien saat baru bergabung Persib Bandung (Foto: Instagram)

Pada musim berikutnya giliran Borneo FC yang diperkuat eks Los Blancos-julukan Real Madrid. Ya, Borneo FC mendatangkan Julien Faubert pada Juli 2018. Faubert direkrut untuk menambah kekuatan lini tengah Pesut Etam-julukan Borneo FC.

Sama seperti Essien, Faubert tak lama berkarier di sepak bola Indonesia. Pemain yang besar bersama West Ham United tersebut tampil sebanyak 15 kali dan mencetak tiga gol.Gagal tampil sesuai ekspektasi, Borneo melepas sang pemain jelang putaran kedua Liga 1 2018. PSM Makassar juga sempat diperkuat alumni Real Madrid yakni striker jangkung Eero Markkanen.

Julien Faubert Borneo FC (Foto: PT LIB)

Markkanen gabung PSM Makassar jelang bergulirnya Liga 1 2019. Sepanjang kompetisi bergulir, performa sang striker memang dinilai biasa saja. Pada akhirnya Markkanen hanya membela PSM setengah musim kompetisi.

PSM mendepak Markkanen karena minim kontribusi. Padahal dari catatan golnya tidak begitu buruk. Striker berdarah Finlandia tersebut bahkan mencetak 5 gol dan satu assist pada 6 penampilannya di Piala AFC 2019.

Markkanen bahkan ikut mengantarkan PSM menjuarai Piala Indonesia 2019 mengalahkan Persija Jakarta. Di ajang tersebut, Markkanen pun turut menyumbang empat gol dan satu assist dari lima kali tampil. Hanya di Liga 1 2019, ia cuma mencetak satu gol dari tujuh penampilan.

Markkanen sendiri pernah direkrut Real Madrid pada 2014 lalu. Namun dia sama sekali tak pernah dimainkan di tim utama. Markkanen lebih sering bermain untuk Real Madrid Castilla (Tim B). Oleh sebab itu menarik dinantikan apakah Mesut Ozil bakal mengikuti jejak eks Real Madrid yang berkiprah di Liga 1. Ozil sendiri pernah menjadi bintang Real Madrid pada musim 2010 hingga 2013.

Eero Markkanen PSM Makassar

Mengenai Ozil, Raffi Ahmad mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan klub pemilik Ozil yakni Fenerbahce.
Kabar tersebut dikuatkan oleh media Turki, Fotospor dalam laporannya pada Minggu (9/1/2022). Menurut laporan itu, Raffi sudah mengunjungi klub Ozil saat ini, Fenerbahce untuk melakukan negosiasi.

"Saat ini saya sedang melakukan komunikasi dengan Fenerbahce terkait masalah Ozil," kata Raffi Ahmad kepada sportstars.id, Senin (10/1/2022). "Belum bisa bilang iya atau tidak, tapi yang jelas semua ini masih penjajakan," tambah Raffi.

Sejak diakuisisi Raffi Ahmad, RANS langsung naik kasta ke Liga 1 musim depan. Mereka sukses promosi setelah menjadi runner-up final Liga 2 2021. Untuk tampil di level tertinggi kompetisi Indonesia, RANS tampaknya serius mempersiapkan diri. Mereka ingin mampu bersaing menjadi yang terbaik di Liga 1 2022-2023. 

Untuk itu, RANS siap mendatangkan Mesut Ozil pada musim depan. Jika rumor tersebut benar, maka mereka bisa menjadi klub Liga 1 yang paling menarik disaksikan musim depan.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1139 seconds [12]