logo
Basket | Detail

3 Contoh Variasi Gerakan Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Kamis, 22 September 2022, 19:25 WIB
3 Contoh Variasi Gerakan Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket
Pemain Timnas Basket Indonesia sedang memeperlihatkan teknik menggiring bola saat melawan Yordania (Foto: Perbasi)

JAKARTA -  Ada 3 contoh variasi gerakan menggiring bola dalam permainan bola basket perlu diketahui. Gerakan menggiring bola basket biasa disebut dengan dribble, merupakan salah satu teknik dasar dari permainan bola basket. 

Teknik dasar dalam bola basket diantaranya menggiring (dribbling), mengumpan (passing), menembak (shooting), dan melambung (rebond). Tujuan menggiring bola saat permainan bola basket adalah untuk menghambat bola yang akan direbut oleh lawan, melewati rintangan yang diciptakan oleh lawan, dan berusaha untuk mendekati ring basket agar mampu menciptakan poin.

3 Contoh Variasi Gerakan Menggiring Bola dalam Permainan Bola Basket

Cara melakukan gerakan menggiring/dribble, cukup memantulkan bola ke tanah dibantu dengan kaki dan tangan secara seimbang. Mari simak penjelasan dibawah ini contoh variasi gerakan menggiring bola basket.

  1. Low Dribble

Gerakan dribble ini dilakukan dengan pantulan bola yang lebih rendah pada saat berjalan. Saat melakukan low dribbel, gunakan kaki kanan untuk melangkah kemudian kaki kiri. Langkah low dribble lebih sulit untuk dicuri lawan, karena memantulkan bola pada permukaan yang rendah.

Pelita Jaya Bakrie secara heroik mampu menyudahi perlawanan RANS PIK Basketball di gim ketiga Playoff IBL 2022 dengan skor 93-86.  (FOTO: Instagram @pelitajayabasketball)

  1. Cross Over Dribble

Pemain dapat mengubah arah serta mengalihkan bola. Memindahkan bola basket ke kanan lalu ke kiri sambil pose dribble. Dalam melakukan gerakan ini pastikan pandangan ke arah depan bukan ke arah bola basket.

  1. Speed Dribble

Gerakan dribble yang dilakukan dengan pantulan yang tinggi dan cepat. Dilakukan dengan cara berlari lurus, dan saat menggiring posisi bola berada di samping pinggul pemain.

Itulah informasi 3 contoh variasi gerakan menggiring bola dalam permainan bola basket yang telah Sportstar rangkum, semoga bermanfaat bagi pembaca.(Adi Sekararum Destiani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1712 seconds [13]