logo
Ragam Lainnya | Detail

3 Cara Melihat Nomor STNK Motor, Mudah Banget!

Intan Rachmasari
Kamis, 17 November 2022, 00:52 WIB
3 Cara Melihat Nomor STNK Motor, Mudah Banget!
Ilustasi pengurusan STNK (SUmber: Instagram)

JAKARTA - Ada 3 cara melihat nomor STNK Motor yang bisa dilakukan dengan mudah. STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah dokumen penting yang wajib dijaga para pemilik kendaraan bermotor. 

Karena sejatinya STNK berisi data penting mengenai pemilik kendaraan dan identitas kendaraan tersebut. Terlebih STNK juga menjadi dokumen yang dibutuhkan dalam proses pembayaran pajak kendaraan.

Namun ternyata banyak orang yang belum mengetahui cara melihat nomor STNK motor. Cara melihat nomor STNK motor dapat dilakukan dengan melihat pada lembar fisik STNK, melalui website Samsat tiap daerah, dan melalui aplikasi cek data kendaraan. 

Berikut Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai ara melihat nomor STNK motor; 

JAKARTA - Sejumlah Anggota Polisi Wanita (Polwan) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan atraksi di atas motor gede (moge) saat latihan dengan putaran ekstrem hingga standing di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021). Aks

Cara Melihat Nomor STNK Motor

  1. Melihat Lembar Fisik STNK 

Cara paling mudah untuk melihat nomor STNK motor adalah melalui lembar fisik STNK yang dimiliki pemilik kendaraan. Nomor STNK terletak pada bagian muka lembar awal STNK. Posisinya berada di bagian atas berdekatan dengan logo Kepolisian.

Nomor STNK terdiri dari 8 digit dengan tulisan berwarna hitam dengan bayangan warna merah muda. 

  1. Cek Melalui Website Samsat 

Cara melihat nomor STNK motor tidak hanya melalui lembar fisik STNK saja. Karena kini dengan perkembangan teknologi tiap Samsat di masing-masing daerah menyediakan jasa layanan online. 

Untuk melihat nomor STNK melalui website, para pemilik kendaraan bisa mengunjungi website resmi Samsat daerah dimana nomor kendaraan terdaftar.

Pemilik kendaraan hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan. Setelahnya akan muncul identitas pemilik kendaraan tersebut beserta nomor STNK. 

  1. Cek Melalui Aplikasi Cek Data Kendaraan 

Selain melalui layanan website resmi dari Samsat daerah, cara melihat nomor STNK bisa melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store. Aplikasi ini bisa membantu untuk mengecek nomor seri motor maupun data kendaraan bermotor lainnya. 

Para pemilik kendaraan hanya perlu mengunduh aplikasi ini di smartphone. Setelah terinstall, para pemilik kendaraan wajib mengisi data identitas dan nomor pelat kendaraan. Kemudian data mengenai kendaraan segera bisa diakses. 

Demikian informasi mengenai 3 cara melihat nomor STNK Motor yang bisa kita lakukan dengan mudah. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1796 seconds [13]