logo
Hobi | Detail

20 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Hempaskan Lemak

Tim Sportstars
Jum'at, 02 September 2022, 18:56 WIB
20 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Hempaskan Lemak
Plank (foto:lifehack.org)

JAKARTA - Berikut 20 gerakan olahraga untuk mengecilkan perut cocok bagi Anda yang ingin menghempaskan lemak di perut. Tidak merasa pede dengan lemak di perut? Olahraga untuk mengecilkan perut berguna untuk menghilangkan lemak di perut, dan membentuk badan yang lebih bagus dan ideal.

Lemak perut sulit untuk dihilangkan dan berbahaya bagi kesehatan.  Lemak pada perut berada pada peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan beberapa jenis kanker. Perlu adanya beberapa gerakan tertentu untuk mengecilkan perut dan menghilangkan lemak. Berikut 20 gerakan olahraga untuk mengecilkan perut dan membantu Anda menghempaskan lemak. 

Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Perut. 

Ada banyak gerakan olahraga untuk mengecilkan perut dan melatih otot perut. Beberapa gerakan olahraga tersebut dapat membantu membakar dan mengencangkan otot perut. Diantaranya: 

  1. Plank

Tanpa menggunakan alat, ampuh untuk mengecilkan perut Anda. Gerakan plank dapat melatih otot perut dan membentuk postur tubuh. Tarik nafas panjang, atur pernafasan Anda dan angkat tubuh perlahan dengan posisi badan sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan ini selama 30 detik. 

  1. Bicycle Crunches

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut dan cukup menantang. Gerakan ini mirip seperti orang naik sepeda sambil mengayuh dengan kaki kanan dan kiri.  Posisikan badan terlentang pada matras, angkat kepala perlahan sambil ditopang dengan kedua tangan di belakang kepala kemudian angkat kaki kanan dan kiri sambil mengayuh seperti menaiki sepeda.  Lakukan gerakan ini secara bergantian sebanyak 2-3 set. 

  1. Sit Up. 

Sit Up ada gerakan olahraga untuk mengecilkan perut dan terbilang mudah untuk melakukan gerakan ini. Salah satu gerakan dasar yang biasa dilakukan para pemula untuk berolahraga. Posisikan badan berbaring pada lantai sambil menekuk lutut. Kemudian angkat badan ke arah lutut sambil kembali menurunkan badan ke lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 set setiap harinya. 

  1. Flutter Kick

Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang cukup mudah dan ampuh. Cukup berbaring pada matras sambil meletakkan telapak tangan ke samping tubuh dan ganjal sedikit di bawah bokong. Angkat kedua kaki secara bergantian dalam posisi lurus dan pertahankan perut agar tetap tegak dan lakukan gerakan ini selama 20 detik.

  1. Mountain Climbers

Gerakan olahraga ini layaknya sedang mendaki gunung. Cara melakukannya : 

  • Posisikan lengan lurus sejajar dengan bahu dan telapak tangan berada pada lantai. 
  • Angkat lutut kanan ke arah dada secara perlahan. 
  • Lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. 
  • Kepala fokus ke arah depan 
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set
  1. Leg Raises

Mengangkat kedua kaki ke atas secara bersamaan sambil merebahkan tubuh pada matras adalah gerakan untuk mengecilkan perut dengan mudah jika sering dilakukan. Gerakan ini mengangkat kedua kaki ke atas namun secara perlahan kaki akan diturunkan namun tanpa menyentuh matras. Jika merasa kesulitan dalam melakukan gerakan ini, gunakan kedua tangan untuk menopang badan di belakang bokong untuk membantu kak menaikkan ke atas. 

  1. Reverse Crunch

Salah satu gerakan olahraga untuk mengecilkan perut yang hampir sama dengan leg raises. Gerakan ini mendorong kedua kaki sampai ke arah belakang dan usahakan kaki tidak menyentuh matras. 

  1. Extension Crunch

Posisikan tubuh dengan duduk pada matras sambil menaruh kedua tangan. Luruskan kaki dan tekukkan kaki secara perlahan tanpa menyentuh matras. 

 
RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1745 seconds [12]