Tim Nasional | Detail

2 Tahun Latih Timnas, Shin Tae-yong Mulai Fasih Bahasa Indonesia

Rifqi Herjoko
Selasa, 11 Januari 2022, 12:27 WIB
2 Tahun Latih Timnas, Shin Tae-yong Mulai Fasih Bahasa Indonesia
Shin Tae-yong sudah dua tahun menukangi Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku mulai fasih berbicara dalam Bahasa Indonesia. Dia sudah mulai memahami perkataan dalam Bahasa Indonesia setelah rajin bergaul dengan anak asuhnya.

Hal itu diketahui dari wawancara terbaru sang pelatih dengan Deddy Corbuzier. Dalam suatu kesempatan, Deddy bertanya apakah Coach Shin sudah bisa berbahasa Indonesia atau belum.

Shin lantas menjawab melalui penerjemah pribadinya Jeong Seok-seo, sudah mengerti dan bisa mengucapkan kata dalam Bahasa Indonesia. Dia pun sempat mengucapkan dua kata favoritnya 'cepat' dan 'bagus'. 

“Bisa sedikit (bahasa Indonesia),” ujar Shin, Selasa (11/1/2022). 

Pelatih Shin Tae-yong memberikan instruksi saat latihan jelang melawan Thailand di Singapura, Selasa (28/12/2021). Foto : Instagram @pssi
Pelatih Shin Tae-yong memberikan instruksi saat latihan jelang melawan Thailand di Singapura, Selasa (28/12/2021). Foto : Instagram/@pssi

Kata 'cepat' dan 'bagus' memang biasa diucapkan Shin Tae-yong saat menangani Timnas Indonesia. Dua kata tersebut terucap ketika memuji dan memotivasi anak asuhnya dari pinggir lapangan. 

Sebagai informasi, Shin Tae-yong ditunjuk oleh PSSI untuk melatih Skuad Garuda pada Desember 2019. Itu berarti, pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah dua tahun menukangi Timnas Indonesia. 

Target awal yang dibebankan PSSI kepada Shin adalah untuk menjaga harkat dan martabat Indoensia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Sementara pada Piala AFF 2020, Shin mampu membawa Timnas Indonesia hingga menjadi runner-up meski sempat diremehkan. 

Pada 2022, Shin memiliki segudang agenda dan target bersama Timnas Indonesia senior dan U-23. Untuk senior, target adalah lolos ke Piala Asia 2023 serta juara Piala AFF 2022. Sedangkan di Timnas Indonesia U-23, target adalah medali emas SEA Games 2021 yang digelar Mei mendatang. 
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1196 seconds [12]