Liga Indonesia | Detail

2 Bobotoh Tewas di GBLA, Ridwan Kawil Beri 3 Catatan Penting

Agung Bakti Sarasa
Senin, 20 Juni 2022, 16:04 WIB
2 Bobotoh Tewas di GBLA, Ridwan Kawil Beri 3 Catatan Penting
Bobotoh Persib Bandung yang meninggal dunia, Sopiana Yusuf, sudah dimakamkan oleh keluarganya (Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan duka cita mendalam atas meninggalnya dua orang bobotoh pada laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Jumat (18/6/2022) malam WIB. Kang Emil -sapaan akrabnya- langsung memberi tiga catatan penting terkait hal tersebut. 

Seperti diketahui, dua orang bobotoh itu meregang nyawa saat hendak menyaksikan laga Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. Kedua korban jiwa diketahui bernama Ahmad Solihin dan Sopiana Yusuf. 

Kang Emil lantas meminta semua pihak melakukan evaluasi agar insiden serupa tidak terulang. Selain itu, dia memberikan tiga catatan penting terkait insiden tewasnya dua orang bobotoh. 

"Saya sudah mengucapkan duka cita secara mendalam, harus jadi evaluasi," tegas Kang Emil, Senin (20/6/2022). 

"Pertama untuk bobotoh kalau tidak punya tiket jangan datang. Ikutilah aturan, hidup ini harus selalu ikut aturan," tegasnya. 

Menurut Kang Emil, insiden tersebut sebenarnya dapat dicegah karena tiket yang disediakan oleh panitia sudah diatur sesuai ketentuan laga. Namun, banyaknya penonton yang tidak tertib menyebabkan kondisi menjadi tak terkendali.

"Ini adalah contoh kalau hidup tidak ikut aturan, tiketnya hanya 15.000, yang datang lebih dari itu. Berarti banyak yang datang tidak pakai tiket, itu saja sudah salah," jelasnya. 

Catatan kedua, Kang Emil menyoroti soal pengamanan. Menurutnya, pihak kepolisian seharusnya bisa mengantisipasi membludaknya penonton dari luar stadion. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1405 seconds [12]