logo
Hobi | Detail

15 Jenis Gerakan dalam Senam Aerobik dan Manfaatnya untuk Tubuh

Tim Sportstars
Jum'at, 12 Agustus 2022, 18:57 WIB
15 Jenis Gerakan dalam Senam Aerobik dan Manfaatnya untuk Tubuh
Aerobik yang dilakukan bersama-sama sebelum pandemi covid-19 melanda. (Foto: twitter @FezileDabiDM)

BEBERAPA macam jenis gerakan dalam senam aerobik akan dibahas melalui artikel ini. Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan irama musik dengan durasi waktu tertentu. Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan karena dapat dilakukan oleh banyak orang dari semua kalangan.

Karena itu, olahraga ini banyak dipilih sebagai aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Ada banyak manfaat yang didapat dari senam aerobik, yaitu menguatkan otot dalam tubuh, membuat daya tahan tubuh dan jantung lebih kuat, menurunkan berat badan, melenturkan tubuh, meningkatkan energi, dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya dalam 15 jenis gerakan dalam senam aerobik yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Jenis Gerakan dalam Senam Aerobik

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 15 jenis gerakan dalam senam aerobik yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

  1. Marching

Marching adalah gerak jalan di tempat dengan mengangkat kaki setinggi betis dan lutut ditekuk 90 derajat. Setiap kaki yang mendarat atau menyentuh lantai dimulai dari bola kaki dan berakhir ke lutut.

  1. Jogging

Gerakan jogging dilakukan dengan cara menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah bokong dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah.

  1. Knee Up

Knee up dilakukan dengan mengangkat lutut setinggi pinggang, tungkai atas sejajar dengan lantai dan tungkai bawah tegak lurus. Posisi kaki dalam keadaan tertekuk.

  1. Single Step

Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan melangkah satu langkah ke kanan atau kiri dengan gerakan terakhir menyentuh bola. Tekuk lutut hingga keduanya merapat dan menghadap kanan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.5083 seconds [13]