logo
Liga Spanyol | Detail

Cek 12 Perbedaan Peraturan Basket FIBA dan NBA, dari Aturan Main Hingga Ukuran Bola

Intan Rachmasari
Minggu, 18 September 2022, 00:05 WIB
Cek 12 Perbedaan Peraturan Basket FIBA dan NBA, dari Aturan Main Hingga Ukuran Bola
Stephen Curry Final NBA

JAKARTA - Setidaknya ada 12 perbedaan peraturan basket FIBA dan NBA yang banyak belum diketahui. Sebagai salah satu olahraga yang cukup populer dengan banyaknya penggemar, hal ini wajib diketahui oleh penikmatnya. 

Siapa yang tidak mengenal NBA? Liga basket paling populer di dunia ini banyak mengundang perhatian. NBA memang dikenal sebagai panggung basket paling bergengsi di dunia saat ini, sehingga berbagai kompetisi yang diadakan NBA banyak digandrungi. 

Berbeda dengan FIBA, kompetisi NBA memang lebih populer di kalangan penikmat basket. Sejatinya FIBA (Federation International of Basketball Association) adalah induk organisasi basket seluruh dunia. 

Sedangkan NBA (National Basketball Association) merupakan liga basket profesional Amerika Serikat. 

Sama sama bergerak di bidang basket, nyatanya kompetisi yang diadakan FIBA dan NBA memiliki beberapa perbedaan. Dilansir dari berbagai sumber, Sportstars.id akan mengulas perbedaan peraturan basket FIBA dan NBA. Berikut ulasannya;

Miami Heat Play-off NBA

Inilah Perbedaan Aturan Basket FIBA dan NBA

Perbedaan Peraturan Basket FIBA dan NBA sebagai berikut ;

  1. FIBA memiliki durasi game kuartal 10 menit, sedangkan NBA memiliki kuartal 12 menit. 
  2. FIBA memiliki 2 wasit pada sebuah pertandingan, sedangkan NBA memiliki 3 wasit.
  3. FIBA memiliki batas personal foul sebanyak 5 kali. Sedangkan NBA memiliki batas personal foul sebanyak 6 kali. 
  4. Jeda antar kuarter pada peraturan FIBA adalah 2 menit. Sedangkan di NBA, 130 detik.
  5. FIBA ​​hanya memperbolehkan satu timeout 2 x 1 menit pada kuartal pertama dan 3 x 1 menit pada kuartal ketiga dan keempat. Sementara NBA, timeout dapat dilakukan 1x 20 detik dan 6 x 120 detik selama pertandingan (reguler). Di NBA, masing-masing tim dibatasi tidak lebih dari 3 time out pada kuarter keempat dan 2 timeout pada 2 menit terakhir pertandingan.
  6. FIBA memiliki ukuran panjang lapangan 28 meter x 15 meter. Sedangkan NBA memiliki ukuran panjang lapangan 28,65 meter x 15.24 meter. 
  7. FIBA memiliki ukuran area 3 detik sebesar 6 x 5,8 meter. Sedangkan NBA memiliki ukuran area 3 detik sebesar  4,87 meter x 5,8 meter.
  8. FIBA memiliki jarak garis 3 poin dengan ring sebesar 6,25 meter. Sedangkan NBA memiliki jarak garis 3 poin dengan ring sebesar 7,24 meter atau 6,70 meter dari pojok.
  9. FIBA memiliki batas team foul sebanyak 4 kali di masing masing kuarter dan foul di kuarter keempat akan diikutkan pada babak overtime. Sedangkan NBA memiliki batas team foul sebanyak 4 kali di masing masing kuarter (dua kali three throw). 
  10. FIBA menggunakan bola dengan ukuran maksimal 780 mm dan keliling minimal 749 mm. Sedangkan NBA menggunakan bola dengan ukuran kelilingnya antara 749,3 mm - 755,65 mm (jika diukur dari garis bola) atau antara 752,5 mm - 758,8 mm (jika diukur dari permukaan bola).
  11. Berat bola yang digunakan di FIBA adalah 650 gram dan minimal 567 gram. Sementara NBA memiliki standar berat bola 623,7 gram. 
  12. FIBA memiliki aturan nomor punggung pemain adalah 4 sampai 15. Sedangkan di NBA nomor punggung pemain menggunakan sistem dua digit, sehingga pemain bebas menggunakan nomor 0-99. 

Demikian informasi mengenai 10 perbedaan peraturan basket FIBA dan NBA memang banyak yang belum mengetahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1659 seconds [12]