logo
Hobi | Detail

12 Contoh Gerak Lokomotor yang Perlu Diketahui

Tim Sportstars
Jum'at, 12 Agustus 2022, 14:23 WIB
12 Contoh Gerak Lokomotor yang Perlu Diketahui
Berlari seperti dilakukan pelari gawang DKI Jakarta Emilia Nova (045) merupakan salah satu bentuk gerak lokomotor.

GERAK lokomotor adalah gerakan berpindah tempat dari satu titik ke titik lain. Perpindahan dapat berupa perubahan kedudukan secara mendekat atau menjauh, tergantung pada sisi peninjauannya. Dilansir dari berbagai sumber, gerak lokomotor meliputi berjalan, berlari, melompat, berjingkat, meloncat, menderap, merayap, memanjat, sliding, leaping, skipping, dan Cont

Berikut 12 contoh gerak lokomotor sebagai bagian dari aktivitas gerak tubuh.

Contoh Gerak Lokomotor

Pada aktivitas gerak lokomotor, ada 12 contoh macam gerakan yang harus dipahami:

  1. Berjalan

Berjalan adalah suatu proses menghilangkan keseimbangan dan mengembalikannya secara bergantian ketika bergerak ke depan dalam posisi tegak. Berjalan dilakukan dengan kaki bergerak secara bergantian dan salah satu kaki menyentuh permukaan.

  1. Berlari

Dibandingkan dengan berjalan, berlari membutuhkan pergerakan kaki yang cepat secara bergantian. Dalam sekejap, kedua kaki meninggalkan bumi sebelum salah satu kaki segera bertumpu kembali.

  1. Berjingkat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berjingkat adalah aktivitas berdiri atau berjalan dengan kedua ujung jari kaki yang diangkat ke atas (jinjit) agar tidak menimbulkan suara saat berjalan.

  1. Meloncat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), meloncat adalah gerak lompat dengan kedua kaki secara bersama-sama. Meloncat juga termasuk ke dalam gerak lokomotor yang berarti dapat berpindah tubuh dari satu titik ke titik lain.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1723 seconds [13]