logo
Ragam Lainnya | Detail

12 Cara Cepat Mengembalikan Stamina Tubuh Setelah Olahraga

Tim Sportstars
Jum'at, 04 November 2022, 20:17 WIB
12 Cara Cepat Mengembalikan Stamina Tubuh Setelah Olahraga
Ada 12 cara cepat mengembalikan stamina tubuh setelah olahraga.

JAKARTA - Ada 12 cara cepat mengembalikan stamina tubuh setelah olahraga. Olahraga banyak memakan energi dan membuat tubuh menjadi lemas. 

Banyak aktivitas dan latihan dalam olahraga yang berat menggunakan fisik saat berolahraga. Tujuan berolahraga yaitu untuk menyehatkan tubuh. 

Namun, penting juga untuk melakukan pemulihan setelah berolahraga. Jangan sampai tidak melakukan, karena dapat membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat. 

Istirahat dan pemulihan adalah bagian penting dari setiap latihan olahraga. Rutinitas pemulihan setelah latihan memiliki dampak besar pada peningkatan kebugaran, memungkinkan untuk berlatih lebih efektif. 

Sayangnya, banyak orang tidak memiliki rencana pemulihan setelah berolahraga. Lalu, bagaimana cara melakukan pemulihan setelah olahraga? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Cepat Mengembalikan Stamina Tubuh setelah Olahraga

Berikut cara cepat mengembalikan stamina tubuh setelah olahraga:

1. Usahakan Makan sebelum Olahraga

Pegolf Lily Muni He menunjukkan makanan rendah kalori yang disantapnya untuk menjaga bentuk tubuh ideal (Foto: Instagram/@lilymhe)

Dua sampai tiga jam sebelum latihan, Anda usahakan untuk makan makanan bernutrisi yang meningkatkan stamina tubuh. Makanan tinggi protein dan konsumsi buah bisa menjaga stamina tubuh tetap stabil selama olahraga. 

2. Hindari Latihan Berlebih

Salah satu cara sederhana untuk pemulihan lebih cepat yaitu dengan merancang rutinitas latihan sejak awal. Olahraga berlebihan, latihan berat, atau kurangnya istirahat akan merusak upaya pemulihan Anda.

3. Segarkan Tubuh dengan Mandi Menggunakan Air Es (Dingin)

Beberapa atlet berpendapat bahwa dengan mandi es pulihnya lebih cepat. Dapat mengurangi nyeri otot, dan mencegah cedera. Teori di balik metode ini adalah bahwa dengan berulang kali menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah membantu membuang produk limbah di jaringan.

4. Lakukan Proses Pendinginan dan Peregangan yang Tepat

Sebelum melakukan olahraga, tentu melakukan pemanasan. Begitu juga setelah olahraga, pertimbangkan untuk melakukan peregangan ringan. Ini adalah cara sederhana dan cepat untuk membantu otot Anda pulih bisa beristirahat dan terhindari dari kerusakan jaringan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1922 seconds [13]