Liga Spanyol | Detail

100 Hari Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Sejumlah Peristiwa Terjadi

Basudiwa Supraja
Selasa, 16 November 2021, 15:29 WIB
100 Hari Lionel Messi Tinggalkan Barcelona, Sejumlah Peristiwa Terjadi
Lionel Messi disebut kurang memegang bola di Paris Saint-Germain. (Foto: REUTERS)

DERETAN Peristiwa terjadi sejak Lionel Messi terhitung telah 100 hari meninggalkan FC Barcelona. Kapten Timnas Argentina itu resmi meninggalkan klub yang dibelanya selama 21 tahun itu pada 10 Agustus 2021 lalu. Messi akhirnya bergabung dengan klub asal Prancis Paris Saint-Germain (PSG). 

Barcelona melepas kepergian Messi dengan status bebas transfer lantaran gagal dalam proses perpanjangan kontrak sang pemain karena aturan pembatasan gaji.

Perubahan pun banyak dialami Barcelona setelah ditinggal sang legenda hidup. Klub Katalan itu banyak mengalami penurunan performa di sejumlah laga sepeninggal La Pulga-julukan Messi. Saat ini Barcelona berada di peringkat kesembilan klasemen Liga Spanyol musim 2021-2022. 

Barcelona sudah menelan tiga kekalahan, lima hasil imbang, dan hanya berhasil mengoleksi empat kemenangan dari 12 laga yang telah dilakoni. Bahkan berkat hasil buruk tersebut, Barcelona telah memecat pelatih asal Belanda Ronald Koeman pada Oktober lalu. Pun Barcelona dikabarkan masih memiliki utang sebesar satu milyar pounds atau sekitar (Rp19 triliun) hingga saat ini.

Xavi Hernandez dan Lionel Messi pernah menjadi rekan setim di Barcelona (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Manajemen Barcelona dinilai buruk terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Mereka bahkan memotong gaji sebagian besar pemain hingga total 245 juta pounds (Rp4,6 triliun). Peristiwa lainnya semenjak 100 hari kepergian Messi dari Barcelona adalah kejadian Sergio Aguero yang mengalami sesak napas di lapangan. 

Pemain yang juga merupakan sahabat Messi itu mengalami masalah pada jantungnya. Insiden itu terjadi saat laga Barcelona melawan Deportivo Alaves pada Oktober lalu. Kekalahan Barcelona di laga El Clasico pun selalu dikaitkan dengan kepergian Messi. Barcelona tercatat telah tiga kali menelan kekalahan atas Real Madrid dalam beberapa pertemuan terbaru mereka.

Selain itu juga terhadi beberapa peristiwa lainnya semenjak Messi pergi. Terbaru, Barcelona secara mengejutkan dan lewat proses yang cukup rumit berhasil memulangkan Xavi Hernandez dan menujuknya sebagai pelatih baru. Xavi diharapkan mengembalikan kejayaan Barcelona dalam beberapa tahun mendatang.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2164 seconds [13]