logo
Ragam Lainnya | Detail

Permainan Bola Kecil: Pengertian, Contoh dan Manfaat

Tim Sportstars
Kamis, 21 April 2022, 14:00 WIB
Permainan Bola Kecil: Pengertian, Contoh dan Manfaat
Tenis Meja jadi salah satu permainan bola kecil (Foto: Twitter)

OLAHRAGA yang menggunakan bola terbagi menjadi dua macam, yaitu permainan bola besar dan juga permainan bola kecil

Permainan bola kecil adalah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil. Dalam Praktiknya, permainan bola kecil membutuhkan alat bantu berupa alat pukul seperti tongkat, raket, bet dan lain-lain.

Ada banyak macam permainan bola kecil seperti misalnya bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, kasti, softball, hingga rounders.

Tujuan permainannya adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan menyehatkan badan serta tubuh kita.

Contoh Permainan Bola Kecil

1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah permainan yang menggunakan raket dan juga kok. Shuttlecock dipukul menggunakan raket agar melewati net yang dibentangkan di tengah lapangan.

Bola kecil yang digunakan dalam bulu tangkis dinamakan kok, dan terbuat dari bulu angsa serta memiliki bantalan karet di bawahnya. Bulu tangkis memiliki lima nomor pertandingan, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.      

Olahraga yang satu ini sangat populer di kawasan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, China, Jepang, dan Korea Selatan. Bahkan di Indonesia, buli tangkis menjadi satu-satunya cabang olahraga yang kerap memberikan prestasi di kancah internasional, seperti di ajang SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.        

2. Tenis Lapangan

Tenis lapangan merupakan permainan yang menggunakan bola sebesar kepala tangan, serta raket sebagai pemukulnya. Sama seperti bulu tangkis, bola harus melewati net yang berada di tengah lapangan. Selain itu, nomor yang dipertandingkan juga sama, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

3. Tenis Meja

Tenis meja adalah permainan yang menggunakan bola ping pong dan bet (raket tenis meja). Sesuai dengan namanya, permainan ini tidak dilakukan di lapangan, melainkan di atas meja.

Bola tenis meja memiliki diameter 40 mm, dan nomor yang dipertandingkan sama seperti bulu tangkis dan juga tenis lapangan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

4. Rounders

Rounders dimainkan secara beregu oleh dua tim, di mana kedua tim terbagi menjadi dua, yaitu satu tim sebagai pemukul dan satu tim lainnya sebagai penjaga. Untuk memainkan rounders dibutuhkan beberapa alat, di antaranya adalah pemukul, bola, base (tempat hinggap), dan tiang bendera batas.

5. Golf

Golf adalah permainan yang menggunakan bola kecil, kemudian dipukul menggunakan klab (tongkat pemukul) ke dalam 9 atau 18 liang secara berurutan. Perlu diketahui, untuk bermain golf ini membutuhkan konsentrasi tinggi di mana para pemain harus ahli dalam memukul bola, serta mampu membaca arah angin dengan baik.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1632 seconds [13]