Basket | Detail

10 Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Diketahui Pemula

Wikku D. Nugroho
Rabu, 22 Juni 2022, 02:00 WIB
10 Peraturan Permainan Bola Basket yang Wajib Diketahui Pemula 
Basket memiliki peraturan permainan yang harus dipatuhi. (Foto: Instagram)

JAKARTA-Peraturan permainan bola basket menjadi salah satu informasi yang sering dicari oleh para pecinta olahraga bola basket. Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang  populer di dunia. Dr. James A. Naismith menjadi orang yang pertama kali mempopulerkan olahraga satu ini.

Sama seperti olahraga lain, bola basket pun juga memiliki peraturan-peraturan permainan. Setiap penggiat dan pecinta olahraga satu ini haruslah mematuhinya. FIBA, Federasi Bola Basket Dunia, sudah menetapkan Peraturan permainan bola basket. Berikut Sportstars akan tampilkan ulasannya.

Deretan Peraturan Permainan Bola Basket

1. Pebasket tidak diperbolehkan membawa bola sambil berlari. Jadi pebasket haruslah berlari dengan memantul-mantulkan bola basket ke tanah.
2. Tim akan mendapatkan poin tambahan jika salah satu tim sudah melakukan 3 kali pelanggaran.
3. Telapak tangan merupakan bagian tangan yang diperbolehkan untuk menyentuh bola basket.
4. Mendorong, memukul dan menendang merupakan suatu pelanggaran keras di pertandingan bola basket.
5. Pebasket diperbolehkan untuk melemparkan bola ke segala arah menggunakan satu atau dua tangan.
6. Pebasket tidak diperbolehkan memantul-mantulkan bola basket menggunakan kepalan tangan. Jadi hanya bagian telapak tangan yang diperbolehkan.
7. Waktu 4x10 menit dijadikan sebagai waktu permainan dalam pertandingan bola basket. Di sisi lain, 4x12 menit merupakan waktu pertandingan versi Asosiasi Basket Nasional.
8. Sang pemenang adalah tim yang berhasil menyarangkan poin terbanyak.
9. Setiap tim diberikan hak untuk melakukan time out. Adapun setiap babak diberikan kesempatan 2 kali time out. Di babak tambahan hanya boleh melakukan 1 kali time out.
10. 1 poin didapatkan jika tim berhasil mencetak poin lewat titik lemparan bebas. 2 poin didapatkan jika bola dimasukkan pada area lingkaran dalam. Untuk poin 3, didapatkan dengan cara melakukan tembakan dari luar garis tiga poin dan bola basket masuk ke ring.

Demikian informasi mengenai Peraturan permainan bola basket. Semoga dengan informasi satu ini dapat menambah wawasan pembaca setia Sportstars mengenai dunia olahraga bola basket.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1329 seconds [12]