logo
Bola Lainnya | Detail

10 Pelatih Top yang Masih Menganggur, Dulu Berjaya Kini Masih Nganggur

Wikku D. Nugroho
Kamis, 23 Juni 2022, 06:00 WIB
10 Pelatih Top yang Masih Menganggur, Dulu Berjaya Kini Masih Nganggur 
Zinedine Zidane masih menjadi tanda tanya besar karena belum memiliki kejelasan tempat melatih. (Foto: LaLiga)

JAKARTA-Pelatih top yang masih menganggur jadi tanda tanya besar untuk netizen. Walaupun profesi sebagai pelatih klub top dunia merupakan keinginan bagi seluruh pelatih. Namun profesi tersebut tidaklah mudah.

Pelatih bola dituntut secepatnya memberikan prestasi untuk klub ataupun timnas. Ditambah dengan tekanan atau pressure yang besar membuat beberapa pelatih top dunia memilih mengundurkan diri.

Tak hanya itu, ada beberapa yang dipecat dan kini mereka berstatus sebagai pengangguran. Siapa sajakah Pelatih top yang masih menganggur? Berikut Sportstars akan tampilkan informasinya.

Pelatih Top yang Masih Menganggur

1. Zinedine Zidane

Pelatih top yang masih menganggur diawali dari nama Zinedine Zidane. Pria berkepala plontos ini terakhir menjabat sebagai pelatih kepala Real Madrid. Terakhir bersama El Real, Zinedine Zidane mampu persembahkan gelar 11 trofi.

Termasuk juara hattrick Liga Champions di kurun waktu 2014-2017. Terkini, mantan kapten timnas Prancis ini diisukan akan menukangi klub kaya raya asal Prancis, Paris Saint-Germain.

2. Ernesto Valverde

Selanjutnya ada nama Ernesto Valverde. Dia merupakan pelatih yang sudah makan asam garam melatih klub-klub di tanah matador. Tercatat, ia pernah gemilang melatih Barcelona. Namun mereka memutuskan untuk berpisah di tahun 2020.  Kini Ernesto Valverde belum ada klub yang menginginkan jasa melatihnya.

3. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo menjadi pelatih dadakan Juventus usai menggantikan Antonio Conte di musim 2021. Sebelum melatih skuad senior Il Bianconeri, ia pernah melatih tim kelompok umur U-23 Juventus.

Namun dengan masih kurang matangnya pengalaman melatih, pihak klub memutuskan untuk mendepaknya dari kursi pelatih. Meskipun terhitung singkat, mantan pemain AC Milan ini pernah persembahkan trofi Coppa Italia dan Supercoppa Italia.

4. Gennaro Gattuso

Sekali tiga uang dengan Andrea Pirlo, Gennaro Gattuso juga kini berstatus sebagai pengangguran. Status barunya tersebut ia dapatkan usai dipecat oleh Napoli di akhir musim 2020-2021. Pelatih berpaspor Italia ini tidak mampu mempersembahkan gelar Scudetto untuk klub berjuluk I Partenopei. Sebelumnya Gennaro Gattuso pernah melatih AC Milan, Fiorentina dan Nyon FC.

5. Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer datang ke Manchester United bukan sebagai pemain, namun sebagai pelatih. Pelatih berkebangsaan Skotlandia itu pernah melatih The Red Devils pada musim 2020.

Namun akhirnya ia dipecat oleh manajemen klub. Hasil rentetan buruk jadi alasan mengapa dia harus pergi dari Stadion Old Trafford di pertengahan musim 2021.

6. Rafael Benitez

Karir kepelatihan Rafael Benitez menjadi tak apik usai berpisah dengan Liverpool di musim 2009. Pelatih asal Spanyol ini tercatat pernah melatih klub-klub di Spanyol dan Inggris.

Terakhir dia melatih klub Everton. Namun kejayaannya melatih di masa silam tak mampu membuatnya bertahan lama di klub yang berbasis di Stadion Goodison Park itu.

7. Joachim Loew

Joachim Loew pernah sukses antarkan timnas Jerman menjadi kampiun di Piala Dunia 2014. Seperti diketahui, jika ia sudah melatih tim De Panzer sejak tahun 2008 silam. Hasil buruk di Piala Dunia 2018, membuat Joachim Loew didepak dari kursi kepelatihan timnas Jerman.

8. Claudio Ranieri

Claudio Ranieri dan Leicester Citynya berhasil mengejutkan panggung sepak bola dunia. Bersama The Foxes, Claudio Ranieri sukses bawa tim menjadi kampiun di Liga Inggris musim 2015-2016. Namun ia harus didepak dan pindah ke Watford. Akhirnya Claudio Ranieri juga didepak dari klub. Hal itu ditengarai dirinya tak bisa mengangkat klub dari zona degradasi.

9. Marcelo Bielsa

Pelatih berpengalaman asal Argentina, Marcelo Bielsa, tak bisa dilupakan dalam daftar ini. Sejauh ini, pria berusia 66 tahun ini sudah rasakan pahit dan manis melatih tim-tim di liga Eropa.

Terakhir ada Leeds United yang menjadi klub asuhan terakhirnya. Namun Marcelo Bielsa dan klub harus berpisah, usai kerja sama hampir 4 tahun lamanya. Kini ia tinggal selangkah lagi menjadi pelatih baru Athletic Bilbao.

10. Frank De Boer

Nama terakhir dalam daftar pelatih yang kini menganggur adalah Frank De Boer. Pria asal Belanda ini berhasil bersama Ajax Amsterdam di kurun waktu 2010-2016.

Namun seusai tak melatih klub itu, ia kerap bergonta-ganti klub melatih. Inter Milan, Crystal Palace dan Atlanta FC menjadi klub yang pernah dilatih oleh Frank De Boer. Terakhir, dia melatih timnas Belanda dan akhirnya harus digantikan oleh Louis van Gaal.

Demikian informasi seputar Pelatih top yang masih menganggur. Dapatkah pelatih-pelatih top dalam daftar di atas mendapatkan klub-klub pelabuhan selanjutnya? Patut kita nantikan.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1772 seconds [13]