Persija Kalah Dominan, Ini 5 Akademi Penyumbang Pemain Terbanyak di Timnas Indonesia U-16

I Made Adhisanu Prisni
Sabtu, 01 Oktober 2022, 20:30 WIB

TIMNAS Indonesia U-16 akan segera mentas di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sebanyak 23 pemain telah dirilis oleh PSSI sejak Jumat, 30 September lalu.

Sejumlah akademi menyumbang cukup banyak pemainnya untuk Skuad Garuda kali ini. Berikut lima tim akademi yang paling dominan mengisi kuota pemain Timnas Indonesia U-16.

5. Akademi Sepak Bola Bandung

Bandung memiliki menyumbang dua pemain dari dua akademi. Kedua pemain yang dimaksud adalah Muhamad Gaoshirowi (Persib Bandung) dan Iqbal Gwijangge (Bandung Pro United).

Gaoshirowi juga merupakan wajah baru di Garuda muda kali ini. Sedangkan Iqbal Gwijangge telah dipercaya oleh Bima untuk mengemban amanat sebagai kapten tim.

4. PPLP Sumatera Barat (Sumbar)

Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) asal Sumatera Barat (Sumbar) juga menyumbang dua pemainnya. Mereka adalah Ikram Algiffari dan Muhammad Nabil Asyura.

Ikram berposisi sebagai kiper pelapis Timnas Indonesia U-16. Sebaliknya, Nabil Asyura justru kerap menjadi penyerang andalan oleh Bima Sakti.

3. Bhayangkara FC

Ada dua pemain muda The Guardian-julukan Bhayangkara FC- yang bakal mentas di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 nanti. Mereka adalah Irvansyah Afanda dan Azzaky Esa Erlangga. 

Salah satu di antaranya merupakan wajah baru. Adapun sosok yang dimaksud adalah Irvansyah, sedangkan Azzaky telah tergabung sejak Piala AFF U-16 2022 lalu.

2. Persija Jakarta

Kali ini Persija Jakarta menjadi penyumbang terbanyak kedua. Tercatat ada tiga pemain dari Akademi Persija yang akan mentas di Kualifikasi Piala Asia kelompok umur tersebut. Sebelumnya ada enam pemain muda Persija yang ikut pemusatan latihan (TC). 

Namun tiga di antaranya terpaksa dicoret setelah dinilai gagal lolos seleksi oleh pelatih. Adapun tiga pemain yang terpilih masuk dalam Skuad Garuda muda adalah Femas Aprian Crespo, Jehan Pahlevi, Figo Dennis Saputrananto (Persija Jakarta).

1. Borneo FC 

Kali ini Borneo FC mengirim lima pemain akademinya untuk Timnas Indonesia U-16. Mereka menjadi tim terbanyak yang menyumbang pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini.

Kelimat penggawa yang dimaksud adalah Rizdjar Nurviat Subagia, Narendra Tegar Islami, Andrika Fathir Rachman, Muhammad Kafiatur Rizky, Andhika Putra Setiawan. Andrika Fathir Rachman merupakan kiper yang kerap kali diandalkan oleh sang pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS