Miguel Oliveira Juara MotoGP Thailand 2022, Pecco Bagnaia Ketiga

I Made Adhisanu Prisni
Minggu, 02 Oktober 2022, 18:50 WIB

BANGKOK – Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira keluar sebagai juara pada MotoGP Thailand 2022. Miguel Oliveira menjadi yang terdepan setelah mengasapi duo Ducati Lenovo Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Balapan tersebut dilangsungkan di Sirkuit Internasional Chang, Thailand pada Minggu (2/10/2022) sore WIB. Memulai balapan dari posisi ke-11, Oliveira berhasil melesat dan mempertahankan urutan pertama hingga akhir balapan.

Marco Bezzecchi (Mooney VR46) langsung tancap gas meninggalkan para pembalap lainnya. Start dari posisi pertama, Bezzecchi langsung melesat tanpa gangguan. Namun, situasi itu hanya berlangsung beberapa putaran.

Bezzecchi sempat melakukan kesalahan di tikungan pertama. Akhirnya, pada lap kelima, posisinya berhasil direbut oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) yang sebelumnya tepat berada di belakangnya.

Sementara, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) tepat berada di belakang Bezzecchi.  Pada tikungan kesembilan, Luca Marini (Mooney VR46) tiba-tiba terjatuh. Kejadian ini membuat adik Valentino Rossi itu melorot ke posisi buncit.

Memasuki lap ke-10, Miller masih nyaman memimpin jalannya balapan di lintasan yang cukup basah. Di belakangnya, Bagnaia dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM) kejar-kejaran memperebutkan posisi kedua.

Marc Marquez (Repsol Honda) menyusul di posisi keempat, terpaut +3,081 detik dari Miller. The Baby Alien -julukan Marquez- berupaya keras untuk mengejar Bagnaia dan Oliveira.

Di sudut lain, pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy) melorot ke urutan 22. Pembalap asal Prancis itu nampaknya kesulitan untuk menggapai zona 10 besar dalam balapan tersebut.

El Diablo -julukan Quartararo- terus berupaya untuk masuk ke zona 10 besar. Pasalnya, posisi Quartararo di puncak klasemen terancam jika Bagnaia mampu masuk tiga besar dalam balapan tersebut.

Memasuki lap ke-15, Oliveira tiba-tiba merebut posisi Miller. Pembalap asal Portugal itu sukses melakukan manuver hebat untuk menyalip Miller di tikungan terakhir. Alhasil, Miller tergeser menjadi urutan kedua.

Oliveira berhasil menjaga jarak dari Miller dan Bagnaia. Alhasil, Oliveira berhasil mengunci kemenangan di MotoGP Thailand 2022.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS