7 Negara yang Pernah Dilarang Tampil di Piala Dunia, Nomor 1 Biang Kerok Perang Dunia II

Johan
Sabtu, 01 Oktober 2022, 19:30 WIB

JAKARTA - Sejauh ini ada 7 negara yang pernah dilarang tampil di Piala Dunia. Gelaran Piala Dunia memang akan segera berlangsung dalam waktu dekat, dan negara yang akan tampil pun sudah siap untuk memperebutkan gelar juara. 

Negara yang akan tampil dalam ajang sepak bola empat tahunan ini harus melalui tahap kualifikasi yang panjang dan proses yang tidak mudah. Setelah berhasil lolos babak kualifikasi ada beberapa negara yang terpaksa gagal merumput sebab dilarang untuk tampil. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas 7 negara yang pernah dilarang tampil di Piala Dunia :

Negara yang Pernah Dilarang Tampil di Piala Dunia

6. Rusia - Piala Dunia 2022

Rusia adalah salah satu negara yang pernah jadi tuan rumah pada Piala Dunia pada tahun 2018. Namun di kesempatan Piala Dunia 2022 Qatar, Rusia gagal tampil di laga empat tahunan ini. Hal ini disebabkan oleh invensi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina. 

Negara dibawah pimpinan presiden Vladimir Putin ini mendapat kecaman dari berbagai pihak. Sehingga FIFA menindak tegas untuk tidak mengikutkan Rusia dalam ajang Piala Dunia 2022. 

5. Myanmar - Piala Dunia 2006 

Pada ajang Piala Dunia tahun 2002. Myanmar memutuskan untuk tidak mengikuti babak kualifikasi yang dilaksanakan di Iran pada saat itu. Buntut dari tindakan Myanmar ini, FIFA bertindak tegas dengan hukuman denda sebesar USD23.500. Tak hanya itu, Myanmar juga dilarang tampil di Piala Dunia tahun 2006. 

4. Chile - Piala Dunia 1994 

Pada Piala Dunia tahun 1989 terdapat insiden yang mengakibatkan kiper Timnas Chile dilarang tampil di Piala Dunia seumur hidupnya. Roberto Rojas melakukan tindakan bohong, dirinya berpura pura terluka akibat benda yang dilemparkan penggemar pada saat pertandingan berlangsung. 

Ternyata luka yang didapat bukan akibat lemparan benda dari penonton, melainkan dirinya melukai dirinya sendiri dengan pisau yang ada di balik sarung tangannya. Hal ini berakibat Timnas Chile dilarang tampil pada Piala Dunia 1994. 

3. Meksiko - Piala Dunia 1990

Piala Dunia 1990 dilaksanakan di Italia, saat itu Timnas Meksiko dilarang tampil dalam ajang ini. Hal ini disebabkan oleh FIFA yang mengungkap skandal yang telah dilakukan Timnas Meksiko.

Timnas Meksiko diketahui menurunkan empat pemain dengan usia diatas batas yang ditetapkan saat kualifikasi Piala Dunia untuk kelompok umur. 

2. Afrika Selatan - Piala Dunia 1970 dan 1990 

FIFA melarang Afrika Selatan mengikuti Piala Dunia sejak tahun 1963, dan berujung dikeluarkan dari keanggotaan FIFA pada tahun 1976 akibat adanya politik apartheid di dalam negeri.

Setelah masalah ini mereda Afrika Selatan kembali diperbolehkan untuk tampil di Piala Dunia dan menjadi tuan rumah di tahun 2010. 

1. Jerman dan Jepang - Piala Dunia 1950 

Piala Dunia 1950 dihelat tanpa kehadiran dua negara Jepang dan Jerman. Hal ini disebabkan Jepang dan Jerman terlibat dalam Perang Dunia II yang sempat membuat dunia gonjang ganjing alhasil kedua negara ini dilarang tampil di Piala Dunia edisi keempat. 

Demikian informasi mengenai 7 negara yang pernah dilarang tampil di Piala Dunia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS